Dark/Light Mode

76 Tahun Indonesia Merdeka, Ridwan Kamil: Momentum Kuatkan Identitas Kebangsaan

Selasa, 17 Agustus 2021 22:24 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat Upacara Pengibaran Bendera Sang Merah Putih pada Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI tingkat Provinsi Jawa Barat di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (17/8/2021). (Foto: Aldien/Biro Adpim Jabar)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat Upacara Pengibaran Bendera Sang Merah Putih pada Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI tingkat Provinsi Jawa Barat di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (17/8/2021). (Foto: Aldien/Biro Adpim Jabar)

 Sebelumnya 
Selain itu kata Ridwan Kamil, Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga menyediakan jasa telekonsultasi dan obat gratis untuk pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri (isoman).

Selain infrastruktur kesehatan, Jabar juga berjuang melawan Covid-19 dengan cara meningkatkan 3T (Tracing, Testing, Tracking).

"Selain infrastruktur kesehatan, kita terus meningkatkan perjuang kita, meningkatkana kapasitasi testing, kapasitas tracing, tracking dan kita tingkatkan terus bela negara dengan merekrut relawan lebih dari 17.000 orang agar pengendalian dan tracing kita menjadi baik," kata Ridwan Kamil.

Baca juga : HUT Ke-76 RI, Menpora: Semoga Indonesia Makin Kuat Dan Terbebas Dari Pandemi

Sementara itu, vaksinasi juga terus didorong untuk menciptakan herd immunity (kekebalan komunal).

Dalam upaya percepatan vaksinasi ini juga pemerintah Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan berbagai pihak BUMN, TNI/Polri, swasta, hingga komunitas.

Upaya vaksinasi juga terus dilakukan sampai hari ini. Pihaknya mengaku telah menghabiskan hampir semua vaksin yang telah diberikan kepada Jawa Bara.

Baca juga : Lestari: Kuatkan Ideologi Kebangsaan Di Tengah Perbedaan

"Kemarin sudah pecah rekor, per hari kita menyuntik 200.000 dosis tertinggi di Republik Indonesia untuk harian," katanya.

Disebutkan, percepatan ini juga dilakukan bekerjasama dengan seluruh pihak Kementerian, BUMN, TNI/Polri, kolaborator, perusahaan swasta maupun komunitas masyarakat.

"Mudah-mudahan realisasi capaian vaksinasi ini terus didukung oleh ketersediaan vaksin dan hal-hal yang mendukung," kata Ridwan Kamil.

Baca juga : Refleksi 37 Tahun AP II: Sejarah, Ujian Terhebat, Dan Optimisme Masa Depan

Upaya yang dilakukan Jabar ini juga harus diikuti oleh disiplin protokol kesehatan dengan menjalankan 5M (mencuci tangan pakai sabun, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas).

Karena menurut Gubernur, disiplin protokol kesehatan merupakan benteng pertahanan untuk melindungi dari virus Covid-19.

"Maka harus kita perkuat benteng pertahanan kita yaitu 5M. Tujuannya adalah untuk melindungi diri kita, melindungi orang yang kita cintai, melindungi lingkungan kita dan ujungnya adalah melindungi bangsa dan negara kita. Dengan cara ini kita yakin, kita akan tetap berada di depan dan tentunya meraih kemenangan," kata Ridwan Kamil. [DR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.