Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tahun Depan Bisa Muncul Gelombang Covid Baru

Luhut Ingin Kita Super Waspada

Sabtu, 28 Agustus 2021 07:25 WIB
Koordinator Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Luhut Binsar Pandjaitan (kiri) saat menghadiri soft launching Kereta Bandara YIA, di Yogyakarta, Jumat (27/8/2021). (Foto: Humas Kemenkomarves)
Koordinator Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Luhut Binsar Pandjaitan (kiri) saat menghadiri soft launching Kereta Bandara YIA, di Yogyakarta, Jumat (27/8/2021). (Foto: Humas Kemenkomarves)

RM.id  Rakyat Merdeka - Koordinator Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Luhut Binsar Pandjaitan blak-blakan soal kelanjutan pandemi. Kata dia, tahun depan bisa muncul gelombang lagi. Ini peringatan Pak Luhut agar kita super waspada.

Pernyataan itu disampaikan Luhut saat menghadiri soft launching Kereta Bandara YIA, di Yogyakarta, kemarin. Menko Kemaritiman dan Investasi ini mengaku tidak asbun alias asal bunyi soal itu. Merujuk literatur yang dia baca, tahun depan bisa jadi akan ada lagi gelombang lonjakan kasus Corona yang menghantam dunia.

Baca juga : Mendag Ingin UMKM Di Sulawesi Naik Kelas

Karena itu, kata dia, dari sekarang Pemerintah menyiapkan konsep hidup berdampingan dengan Corona. "Ini arahan Presiden Jokowi. Karena ada satu tulisan saya baca lagi, kalau tahun depan ini bisa saja ada gelombang berikutnya," kata Luhut.

Luhut juga ingin ramalannya terbantahkan. Karena itu, dia meminta masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan dengan ketat. Dari sisi Pemerintah, bakal menggenjot pemerataan vaksinasi sembari diiringi penerapan aplikasi PeduliLindungi di tempat umum, termasuk di Stasiun Kereta Bandara YIA. Dengan aplikasi itu, masyarakat bisa tahu tingkat paparan Corona di lokasi yang ingin dikunjungi.

Baca juga : Jawa Bali Turun Level, Jokowi Minta Semua Tetap Waspada

Soal ramalan gelombang pandemi berlanjut sampai tahun depan, sebenarnya bukan cuma sekali disampaikan Luhut. Kamis (26/8), saat peluncuran Gerakan Nasional Gernas Bangga Buatan Indonesia (BBI) Pelangi Sulawesi, Luhut juga bicara ancaman Corona yang bikin bulu kuduk bergidik.

Saat itu, mantan Kepala Staf Kepresidenan ini menyatakan, berdasar penelitian pakar dari dalam dan luar negeri, pandemi Corona belum bisa selesai di tahun depan. "Pakar-pakar dalam dan luar negeri belum tahu kapan Covid ini akan berakhir. Kita mungkin akan hidup dengan ini. Maka kita harus kendalikan ini," ucapnya, ketika itu.

Baca juga : Kita Duka Mendalam

Kalau pun ramalan itu terbukti, Luhut memastikan, Indonesia akan lebih siap. Setidaknya, persiapan pemerintah lebih baik dibandingkan saat lonjakan terjadi pada Juli lalu. "Saya rasa, kita lebih siap dari Juli. Tapi, ya bagusnya memang nggak terjadi lagi itu," ucap mantan Dubes RI untuk Singapura itu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.