Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hindari Sindrom Post Covid, Perhatikan 6 Hal Ini

Minggu, 29 Agustus 2021 10:01 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 dr Reisa Broto Asmoro (Foto: Setpres)
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 dr Reisa Broto Asmoro (Foto: Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, dr Reisa Broto Asmoro mengatakan, orang yang tertular Covid-19 berisiko mengalami sindrom post Covid alias long Covid. Dituturkannya, kondisi itu bisa dialami oleh penderita Covid-19 tanpa gejala (OTG), bergejala ringan, sedang, maupun berat.

Tapi, tidak semua penyintas akan terkena sindrom post Covid ini. Karena itu, harus dikenali kondisi pasca Covid-19 ini.

“Tidak tergantung tingkat keberatan atau kritis pada saat Covid-19 itu. Baik seseorang itu mengalami OTG, bergejala ringan, maupun sedang dan berat, semua berpotensi mengalaminya,” ujar Reisa, saat konferensi pers virtual, kemarin.

Baca juga : Kapolri Ingatkan Prokes Pada Perhelatan PON XX Di Papua

Dia menuturkan, menurut beberapa literatur penelitian, diperkirakan ada kurang lebih 200 gejala yang dikenali pada gejala long Covid-19. Gejala itu termasuk kelelahan, batuk berkepanjangan, nyeri dada dan otot, sesak napas, dan mengalami disfungsi kognitif.

Reisa menekankan, karena penyakit ini baru dan virusnya juga masih berubah-ubah, para ahli dan tenaga medis belum bisa menyimpulkan pola umum gejala kondisi pasca-Covid-19. “Mereka yang sembuh dari Covid-19 tidak bisa langsung menikmati kondisi kesehatan yang prima,” kata dokter jebolan Universitas Pelita Harapan (UPH) ini.

Bahkan, World Health Organization (WHO) menyatakan, sekitar seperempat penyintas di dunia mengalami gejala yang berlanjut selama setidaknya satu bulan. Sementara, satu di antara 10 penyintas masih belum sehat penuh setelah 12 pekan.

Baca juga : Bantu Pendidikan Anak Yatim Piatu Korban Covid, Pemprov DKI Siapkan Bansos

Reisa juga membagi resep bagi para penyintas supaya bisa menghadapi long Covid. Setidaknya ada enam hal yang bisa dilakukan para penyintas yang baru saja sembuh dari Covid-19. Enam langkah ini bertujuan memaksimalkan pemulihan kondisi tubuh dan meminimalisir gejala post Covid-19.

“Pertama, yang paling disarankan adalah harus tetap mempertahankan kondisi kesehatan badannya seperti pada saat berjuang sembuh,” ujar pemilik nama lengkap Raden Kanjeng Mas Ayu Tumenggung Reisa Kartikasari Broto Asmoro ini.

Kedua, penyintas diminta tetap mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, melakukan olahraga rutin dan teratur sesuai kebutuhan dan kemampuan tubuh dan jaga kebersihan lingkungan. Ketiga, penyintas diminta sering beraktivitas di ruang yang memiliki ventilasi yang baik dan meneruskan kebiasaan berjemur di bawah sinar matahari.

Baca juga : Bupati Jember Digunjingkan

Keempat, tetap konsumsi vitamin dan suplemen sesuai saran dokter masing-masing. Kelima, disiplin menjalankan protokol kesehatan. “Kondisi tubuh yang makin prima dan kondisi kebugaran yang membaik akan membuat kesehatan secara menyeluruh meningkat dan gejala-gejala pasca Covid dapat berangsur dikendalikan,” tutur wanita kelahiran Malang, Jawa Timur ini.

Keenam, apabila berselang tiga bulan setelah sembuh, penyintas jangan lupa daftarkan diri untuk menjalani vaksinasi Covid-19. [DIR]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.