Dark/Light Mode

Bantu Lawan Pandemi, BP Jamsostek Suntikkan 87 Ribu Dosis Vaksin

Minggu, 5 September 2021 17:52 WIB
Salah satu sentra vaksinasi yang digelar BP Jamsostek. (Foto: Ist)
Salah satu sentra vaksinasi yang digelar BP Jamsostek. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) terus membantu pemerintah untuk menggenjot capaian vaksinasi. Khusus di DKI Jakarta, Vaksinasi Bersama BP Jamsostek, digelar dua kali dalam seminggu. Total hingga saat ini, sebanyak 87 ribu dosis sudah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Jika dilihat dari pelaksanaan vaksinasi dalam minggu ini saja, kegiatan dilaksanakan setidaknya berlangsung di 5 lokasi, yaitu Pontianak, Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, dan 2 kegiatan lainnya di Jakarta.

Direktur Perencanaan Strategis dan TI BP Jamsostek, Pramudya Iriawan Buntoro mengatakan, Vaksinasi Bersama BP Jamsostek diselenggarakan di berbagai wilayah secara konsisten bagi pekerja Indonesia.

Tujuannya, untuk mendukung pemerintah mempercepat pembentukan herd immunity atau kekebalan komunal, dengan memberikan vaksinasi kepada setidaknya 70 persen penduduk Indonesia. Langkah ini merupakan salah satu cara, agar pandemi Covid-19 dapat segera berakhir.

Baca juga : Bantu Masyarakat Di Masa Pandemi, Karyawan Juansha Parfum Sisihkan Gaji

Para peserta kegiatan vaksinasi mayoritas berasal dari kalangan pekerja dan terbuka pula untuk masyarakat umum. Pramudya menjelaskan, target vaksinasi kali ini, sebagian besar merupakan para pekerja alih daya dari perusahaan peserta BP Jamsostek di daerah Jakarta Selatan. Mereka antusias dalam menjalani program vaksinasi.

"Antusiasme ini diharapkan memiliki dampak positif dalam menapaki masa depan Indonesia yang terbebas dari Covid-19. Dengan begitu, para pekerja dapat lebih produktif dalam bekerja dan bersama-sama membangun perekonomian Indonesia yang lebih baik," katanya dalam keterangan resminya, Minggu (5/9).

Untuk kegiatan vaksinasi kali ini, kata dia, BP Jamsostek menyediakan 2.000 dosis untuk dua tahap dengan jenis Astrazeneca. Pemberian vaksin dimulai pukul 08.00-15.00 WIB, di One Belpark Mall, Jakarta Selatan, Sabtu (4/9).

Pramudya mengatakan, vaksinasi penting untuk dilakukan, bukan hanya sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah, tapi juga bentuk kepedulian BP Jamsostek kepada masyarakat, khususnya para pekerja.

Baca juga : Dukung Percepatan Vaksinasi Di Daerah, Ibas Salurkan Ribuan Dosis Vaksin

"Setelah menerima vaksin, bukan berarti bisa bebas seperti masa sebelum pandemi, tapi tetap harus menjaga prokes sebagai upaya pertahanan diri sendiri, dan orang lain," ujarnya.

Pramudya mengaku akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait dalam melakukan kegiatan vaksinasi. Tentunya dengan melihat ketersediaan dosis vaksin di berbagai daerah.

"Ini merupakan titik ke-18 kegiatan vaksinasi bersama BP Jamsostek diselenggarakan dalam kurun waktu lebih kurang 1 bulan dan akan terus kami lakukan secara merata. Semoga persediaan dosis vaksin di daerah lain masih mencukupi, dan kami akan terus melakukan koordinasi agar masyarakat bisa mendapatkan vaksin," jelasnya.

Dalam kegiatan ini, BP Jamsostek juga menyerahkan santunan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) meninggal dunia pada ahli waris pekerja. Jumlah santunan JKK yang disampaikan kepada ahli waris pekerja mencapai lebih dari Rp 1 miliar dan diharapkan dapat membantu keluarga yang ditinggalkan.

Baca juga : Stok Bertambah, Pemerintah Yakin Mampu Suntik 2,3 Juta Dosis Vaksin Per Hari

Pramudya mengucapkan terima kasih kepada Plt. Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji atas koordinasi yang apik dalam pelaksanaan kegiatan vaksinasi ini.

Kepala Kantor Cabang BP Jamsostek Jakarta Cilandak Puspitaningsih sekaligus koordinator BP Jamsostek se-Wilayah Jakarta Selatan mengatakan, sentra vaksinasi kolaborasi bersama Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan merupakan sinergitas untuk mendukung percepatan penanganan Covid-19.

"Kegiatan sentra vaksinasi kolaborasi ini sekaligus bertepatan dalam pelaksanaan Hari Pelanggan Nasional 2021 dan untuk tahap kedua kegiatan vaksin ini akan dilakukan pada November 2021 mendatang," ucapnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.