Dark/Light Mode

Netizen Mulai Waswas Varian Baru Covid-19

Mu Lebih Sadis Dari Delta Masih Prediksi, Tetap 3M Dan Vaksinasi!

Kamis, 9 September 2021 06:10 WIB
Ilustrasi virus corona. (Foto: iStockphoto/Naeblys).
Ilustrasi virus corona. (Foto: iStockphoto/Naeblys).

 Sebelumnya 
Dengan status VoI tersebut, @ProfessorZubairi menduga, varian Mu belum mengungguli varian Delta. Kendati begitu, varian Mu tetap memiliki potensi lolos dari kekebalan vaksin dan alami.

“Bisa jadi ancaman lebih besar, tapi seperti­nya tidak,” tulis @ProfessorZubairi.

Akun @jedi_fj menyarankan pemerintah menutup sementara penerbangan dari luar negeri ke Tanah Air. “Jangan nanti rakyat kecil dan pegawai mall dikorbankan,” katanya.

Berita Terkait : Alhamdulillah, Tetap Jaga Prokes Dan Jangan Takabur

Akun @Aditya Saktinegara menyambung. Dia meminta petugas bandara memonitor ketat pendatang dari luar negeri. Harus dipastikan para peloncong tersebut tidak membawa virus Corona dengan segala variannya.

“Bandara terutama, harus betul-betul diawasi yang dari luar negeri. Jangan sampai seperti varian Delta dari India masuk,” ujar @Aceng_Susanto.

Akun @Muljadi menimpali. Dia meminta penegakan hukum bagi oknum-oknum yang memasukkan orang asing maupun Warga Negara Indonesia (WNI) dari luar negeri tanpa prosedur. “Terhadap mereka harus dijatuhi sanksi seberat-beratnya,” ujarnya.

Berita Terkait : Fasilitas Publik Dibuka Lagi

Akun @03_nakula membeberkan kebijakan pemerintah dalam rangka mengantisipasi masuknya varian u ke Indonesia. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan memperkuat skrining di pintu masuk di Tanah air.

“Khususnya untuk WNI/WNA yang punya riwayat perjalanan ke Ekuador, Kolombia dan negara yang melaporkan adanya varian MU,” kata @03_nakula.

Menurut @WarHasNotEndYet, Kemenkes juga terus memantau penyebaran varian Mu. Soalnya, varian Mu bisa memicu munculnya gelombang ketiga Covid-19 dan menghancur­kan kerja keras pemerintah yang selama ini menekan laju penyebaran Covid-19. “Jangan lengah dan abai, ingat protokol kesehatan (prokes),” ingatnya.

Berita Terkait : Batasi Sementara Akses Keluar Masuk Indonesia

“Pemerintah juga memperketat bandara dan pelabuhan internasional untuk mencegah Covid varian Mu masuk ke Indonesia,” sambung @Hadimakmul. [TIF]