Dark/Light Mode

Belanja Di Luar Rumah Jangan Lupa Prokes, Demi Kesehatan Aku, Kamu Dan Semua

Kamis, 16 September 2021 08:00 WIB
Tips belanja bahan pokok langsung di toko atau pasar. (Foto: @satgasperubahanperilaku)
Tips belanja bahan pokok langsung di toko atau pasar. (Foto: @satgasperubahanperilaku)

RM.id  Rakyat Merdeka - Selama masa pandemi, berbelanja secara online menjadi pilihan untuk menghindari terpapar Covid-19. Namun, jika terpaksa berbelanja langsung di luar rumah, harus mematuhi protokol kesehatan (prokes).

Melalui meme, akun @satgasperubahanperilaku mengungkap beberapa tips belanja bahan pokok langsung di toko atau pasar. Antara lain, kurangi risiko dengan berbelanja di waktu-waktu yang tidak ramai.

Sebelum keluar rumah, pastikan selalu membawa hand sanitizer dan gunakan masker dua lapis, serta bawa tas belanja sendiri. Ketika berada di dalam toko, batasi waktu berbelanja, jaga jarak dan sebaiknya gunakan pembayaran nontunai.

Akun @KaretBetet mengatakan, menerapkan prokes saat belanja langsung sangat penting agar terhindar dari virus Corona. “Pemerintah juga selalu mengingatkan untuk tetap patuhi prokes untuk menghindari Covid-19,” katanya.

Berita Terkait : Virus Corona Kategori VoC Atau VoI Kudu Diwaspadai

“Menerapkan protokol kesehatan wajib hukumnya, termasuk saat berbelanja di luar rumah guna mencegah penularan Covid-19. Sebelum ke luar rumah, lengkapi diri dengan barang-barang yang wajib dibawa, seperti masker dan hand sanitizer,” ujar @BenLigh49605012, mengingatkan.

Akun @suzyart79 memberi tips tambahan selama berbelanja dan ketika sampai di rumah. Bersihkan keranjang sebelum dan sesudah belanja, serta hanya menyentuh barang yang akan dibeli saja.

“Setelah itu, jangan lupa cuci tangan,” ka­tanya. “Yuk, tetap disiplin prokes demi kesehatan kamu, aku dan semuanya,” ungkap @Cicipan83666436.

Akun @LeeGadis menyarankan, sebelum pergi berbelanja sebaiknya membuat daftar belanjaan agar dapat mempersingkat waktu. Gunakan masker dengan benar, tetap menjaga jarak minimal satu meter, cuci tangan, hindari mengunjungi tempat ramai.

Berita Terkait : Hadapi Norma Baru, Kebijakan Pengendalian Covid Kudu Konsisten

Pandemi Covid-19 mengharuskan siapa pun selalu berada di rumah dan melaku­kan physical distancing atau jaga jarak fisik. Namun, saat kebutuhan sudah menipis dan mengharuskan kita pergi ke pasar atau swalayan, tetap patuh prokes,” kata @ar­lin_debra.

Menurut @Milamariamey, belanja on­line masih menjadi pilihan yang tepat di tengah pandemi. Beberapa pasar tradisional di daerah sudah melayani berbelanja online.

Akun @Anggita_lung mengingatkan masyarakat segera mengikuti program vak­sinasi. Pasalnya, saat ini pusat perbelanjaan hingga pasar tradisional mulai memberlaku­kan protokol tambahan, wajib vaksinasi.

“Penerapan pemeriksaannya dilakukan melalui aplikasi PeduliLindungi,” kata dia.

Berita Terkait : Dulu Dicela, Kini Dipuji

Sementara, @mutianggrr mengajak masyarakat berbelanja di warung terdekat. Dengan berbelanja di warung dekat rumah, berarti membantu perekonomian kelas bawah. Selain itu, tentu saja lebih aman daripada belanja di tempat ramai.

“Mari kita bergotong royong membang­kitkan ekonomi rakyat. Satu langkah kecil untuk ikut serta berkontribusi dalam menum­buhkan ekonomi di masyarakat dan tentunya Indonesia,” ujar @Agus_Putra02. [ASI]