Dewan Pers

Dark/Light Mode

Puji Instruksi Kapolri Agar Polisi Humanis, Lemkapi: Itu Sangat Baik...

Kamis, 16 September 2021 18:17 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Divhumas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Divhumas Polri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) menyambut baik terbitnya telegram Kapolri yang meminta jajaran Polda untuk bersikap humanis dan tidak reaktif kepada masyarakat dalam pengamanan di setiap kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kita melihat telegram Kapolri ini sangat baik dan banyak diapresiasi masyarakat," ujar Direktur Eksekutif Lemkapi, Edi Hasibuan, saat dihubungi, Kamis (16/9).

Berita Terkait : Sikapi Warga Sampaikan Aspirasi, Kapolri Perintahkan Polisi Humanis

Menurut anggota Kompolnas periode 2012-2016 itu, sikap humanis kepolisian dibutuhkan agar masyarakat melihat, pemerintah tidak anti kritik. Malah, kata Edi, Presiden Jokowi sangat demokratis dalam menyikapi berbagai persoalan yang disampaikan masyrakat.

"Presiden Jokowi sendiri memiliki respons yang cepat dan bijak dalam melihat kesulitan dan permasalahan yang dihadapi masyarakat," imbuhnya. 

Berita Terkait : PKP: Parpol Koalisi Harus Berani Bersuara, Jangan Ngayun Aja...

Sebelumnya, Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono mengatakan, perintah ini dikeluarkan untuk menghindari anggapan adanya upaya mengebiri kebebasan berpendapat.

Dalam Telegram Kapolri ke jajaran dengan nomor STR/862/IX/PAM.3/2021 tertanggal 15 September 2021 itu, seluruh jajaran korps baju cokelat diwajibkan memperhatikan pedoman yang sudah diarahkan oleh Kapolri. Ada empat poin penekanan dalam Telegram tersebut.

Berita Terkait : Rekonstruksi Hunian Pasca Bencana Sangat Diperlukan

"Yang pertama, setiap pengamanan kunker Presiden agar dilakukan secara humanis dan tidak terlalu reaktif," ujar Argo, di Mabes Polri, Rabu (15/9).
 Selanjutnya