Dark/Light Mode

Pulang Dari Istana, Suroto Digeruduk Emak-emak

Kapan Nih Harga Jagung Turun, Kami Nggak Bisa Nunggu Lama

Minggu, 19 September 2021 06:47 WIB
Perempuan peternak ayam petelur mendatangi rumah Suroto, pembentang poster ke arah Jokowi, untuk menanyakan kapan jagung bantuan Jokowi datang, Sabtu (18/9/2021).
Perempuan peternak ayam petelur mendatangi rumah Suroto, pembentang poster ke arah Jokowi, untuk menanyakan kapan jagung bantuan Jokowi datang, Sabtu (18/9/2021).

RM.id  Rakyat Merdeka - Masih ingat dengan Suroto, seorang peternak ayam petelur asal Blitar yang sempat viral karena nekat membentangkan poster dan dipanggil Presiden Jokowi ke Istana? Kemarin, sepulang dari Istana, Suroto digeruduk emak-emak tetangganya. Kepada Suroto, mereka menayakan “Kapan nih harga jagung turun, kami nggak bisa nunggu lama”.

Rabu (15/9), Suroto bersama sejumlah asosiasi peternak telur diundang Jokowi ke Istana Kepresidenan, Jakarta. Kepala negara, ingin mendengar langsung keluhan dari para peternak ayam petelur tentang masalah yang dihadapi. Dalam pertemuan itu, Jokowi berjanji akan menurunkan harga jagung yang merupakan pakan dari ternak dalam waktu dekat.

Pertemuan Suroto dengan Jokowi ini kemudian langsung viral. Apalagi, foto Jokowi dan Suroto ikut diunggah di akun media sosial milik Sekretariat Negara. Kemudian diupload ulang oleh petinggi di lingkaran Istana. Salah satunya, lewat akun medsos milik Juru Bicara Kepresidenan, Fadjroel Rachman.

Baca juga : Pandu Riono:  Percuma Kasus Harian Turun, Tapi Testing Jeblok

Suroto yang tenar paska pertemuan itu, mengundang penasaran banyak orang. Puncaknya, Suroto digeruduk emak-emak yang tergabung dalam peternak ayam petelur se-Kota Blitar, Jawa Timur. Para emak-emak ini menyambangi langsung kediaman Suroto di Desa Suruhwadang, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, siang kemarin.

Tujuan kedatangan emak-emak ini, untuk menanyakan hasil pertemuan Suroto dengan Jokowi di Istana. “Kapan harga nih harga jagung turun? Kami nggak bisa nunggu lama lagi,” tanya emak-emak pada Suroto. Video geruduk emak-emak ke Suroto ini kemudian viral di media sosial.

Menurut mereka, saat ini harga jagung justru naik setelah pertemuan tersebut. Sambil bertolak pinggang, salah satu emak-emak berbaju hijau berbicara dengan bahasa Jawa. Nadanya agak tinggi.

Baca juga : Awas, Harga Daging Sapi Bergerak Liar

Niki lho pak. Aku wis ora iso ambegan. Mosok tuku jagung saiki Rp 6.200. Janjine Pak Jokowi ki piye? (Ini lho Pak Pak saya sudah tidak bisa bernapas. Masak beli jagung Rp 6.200. Janjinya Pak Jokowi itu bagaimana?” tanya dia.

Sambil menenangkan, Suroto coba menjelaskan hasil pertemuannya dengan Jokowi.

“Kata Pak Presiden sudah jelas jagung yang dijanjikan akan datang dalam minggu-minggu ini. Dados sabar mawon (jadi sabar saja),” pesannya.

Baca juga : Pengusaha Dukung Upaya Pemerintah Stabilkan Harga Dan Stok Daging Sapi Saat Puasa Dan Lebaran

“Sabar sampai kapan,” sambar salah satu emak-emak kepada Suroto.

Ia bercerita, pertemuan di Istana membuatnya gugup. Karena bukan hanya ada presiden, tetapi juga ada Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.