Dark/Light Mode

Dapat Tugas Baru Dari Jokowi

Luhut Tak Ada Tandingannya

Selasa, 21 September 2021 07:40 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan ditunjuk sebagai Ketua Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GNBBI). (Foto: Setkab)
Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan ditunjuk sebagai Ketua Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GNBBI). (Foto: Setkab)

 Sebelumnya 
“Kan kita nggak tahu indikator keberhasilan apa yang diberikan presiden. Yang jelas Pak Luhut dua periode ini dipake terus jadi menteri. Artinya presiden happy dengan kerjaan Pak Luhut,” kata Hensat-sapaannya itu.

Namun, lanjut dia, keputusan Jokowi yang berulang kali memberikan tugas ke Luhut bakal menimbulkan berbagai versi di masyarakat. Pertama, Jokowi hanya mempercayai Luhut. Kedua, dari semua menteri Jokowi yang paling banyak idenya adalah Luhut. Bagus tidaknya, terserah presiden.

“Kalau kemudian Jokowi pilih Luhut lagi, Luhut lagi, ya saya sih nggak akan protes. Karena itu terserah Jokowi. Yang diharapkan rakyat kan cuma lihat hasilnya. Siapa pelaksananya, terserah Jokowi,” cetus Hensat.

Baca juga : Puan Minta Jokowi Sentil China

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah tidak mempermasalahkan soal jabatan yang dipegang Luhut. Dia justru mengkritik tentang banyaknya satuan tugas selama kepemimpinan Jokowi. Padahal bidang yang dikerjakan, kata dia, memiliki kementerian sendiri yang relevan, termasuk tugas baru ini. Hematnya, dapat dijalankan oleh Kementerian Perdagangan, atau Kementerian Perindustrian.

Di tengah kondisi yang masih krisis secara ekonomi ini, lanjut dia, akan terjadi pemborosan kalau dikit-dikit bentuk badan atau satgas. Selain itu, tugas utama Luhut selaku Menko Maritim dan Investasi, tentu bakal terganggu dengan berbagai jabatan yang dipegangnya.

“Luhut mungkin memang punya kapasitas di banyak bidang. Tetapi dengan menerima semua tugas berbeda akan menurunkan kualitas kerja di bidang utama Luhut sendiri. Tentu disayangkan,” kritiknya.

Baca juga : Hasil Patroli TNI AL Hari Ini: Tak Ada Ribuan Kapal Asing Di Laut Natuna Utara

Di dunia maya, jabatan baru Luhut ini menjadi sorotan warganet. Politisi PKS, Refrizal ikut berkomentar soal jabatan baru Luhut. “Luhut lagi Luhut lagi? Apakah di Kabinet Jokowi nggak ada yang lain berkompeten?” cuitnya lewat akun @refrizalskb. “Luhut lagi Luhut lagi Ehhh, Lhut lagi..” timpal @Ahmadz210. “Kepala pundak Luhut lagi.. Luhut lagi..,” samber @Mdy_Asmara1701.

“Dari sini keliatan yang jadi presiden sebenarnya siapa,” sindir @abdullah201179. “Di Indonesia profesor banyak...orang pinter banyak Tapi tetep aja kalah sama Lord,” timpal @iqbaalliqbaall. “Opung abis ini nyalon presiden dahhh,” ujar @sakananewong. “Tipes lama-lama dia dikasih role sebanyak ini,” canda @andramaulana.

Akun @Joe_Bontot malah berandai-andai, kalau saja Luhut juga ditunjuk Jokowi untuk urusin olah raga, tentu bisa lebih baik. “Kalau Luhut jadi ketum PSSI, mungkin timnas bisa juara AFF, Sea Games, lolos Piala Dunia...” ujarnya. “Kasihan pak Luhut bebannya banyak,” kata @PemecahArus. “Kalau beliau mampu dan bisa, hebat banget sih nih orang. Benar-benar multitalenta banget,” cetus @siboniboni06. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.