Dark/Light Mode

Ajak Masyarakat Manfaatkan Data Pelayanan Publik

KPK Gelar Kompetisi Jaga Data Challenge

Rabu, 22 September 2021 12:49 WIB
Jaga Data Challenge 2021. (Foto: Humas KPK)
Jaga Data Challenge 2021. (Foto: Humas KPK)

 Sebelumnya 
Kegiatan peluncuran JDC dikemas dalam bentuk talkshow yang menghadirkan narasumber Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan, Lead Creative Content Katadata Muhammad Yana, dan Director of Creative Analytics IYKRA Ari Kuncoro.

"Ketiganya akan membahas tentang JAGA sebagai instrumen pencegahan korupsi; proses mengumpulkan, mengolah, memanfaatkan, dan mengkomunikasikan data pelayanan publik untuk kebijakan; serta tips mengemas dan memvisualisasikan data," beber Ipi.

Baca juga : BNPT Gelar Deklarasi Kesiapsiagaan Nasional Di Kalimantan

JAGA adalah sebuah platform digital berbasis mobile yang diinisiasi KPK bekerja sama dengan kementerian dan lembaga.

Platform tersebut menyajikan data seputar informasi pelayanan publik dengan lima menu utama, yaitu sektor pendidikan, desa, kesehatan, perizinan, dan penanganan Covid-19.

Baca juga : KPK Dan Polri Kompak Jawab, Belum Dapat Info

Dengan lima menu ini, masyarakat dapat mengakses informasi sekaligus menyampaikan keluhan terkait pelayanan publik tersebut.

Sejak diluncurkan pada tahun 2016 sampai dengan saat ini, JAGA telah mengumpulkan lebih dari 400 ribu profil sekolah dan informasi lainnya di bidang pendidikan.

Baca juga : Pemda Begini, Jangan Didiamkan

Selain itu, juga terdapat 13 ribu profil rumah sakit dan puskesmas, serta 74 ribu profil desa di seluruh Indonesia. Untuk mengakses JAGA, masyarakat dapat mengunduhnya pada Play Store dan App Store atau melalui situs JAGA.ID. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.