Dark/Light Mode

Wanti-Wanti Kepala Daerah Di Jambi

Ketua KPK: Tingkatkan Integritas, Jangan Bebani Staf dengan Upeti

Senin, 27 September 2021 13:51 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri. (Foto: Humas KPK)
Ketua KPK Firli Bahuri. (Foto: Humas KPK)

 Sebelumnya 
Mantan Kabaharkam Polri ini juga mengingatkan peran dan tanggung jawab para kepala daerah dalam mewujudkan tujuan nasional dalam konteks pemberantasan korupsi.

Dia menyebut ada lima peran penting kepala daerah. Yaitu, mewujudkan tujuan negara, menjamin stabilitas politik dan keamanan di daerah, serta menjamin keselamatan masyarakat dari segala gangguan bencana dan pertumbuhan ekonomi.

Baca juga : Pakai Masker Yang Bener, Jangan Di Bawah Dagu Ya

Kemudian menjamin kepastian, kemudahan investasi, dan berusaha, serta menjamin keberlangsungan program pembangunan daerah. "Tujuan nasional tidak bisa terwujud jika masih banyak terjadi korupsi," ingat eks Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) ini. 

Firli pun meminta kepala daerah untuk mengevaluasi capaian pemerintahannya dalam mewujudkan perbaikan di daerah. Dia menyebut ada tujuh indikator yang dapat dijadikan ukuran keberhasilan kepala daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Baca juga : Bansos Jangan Dipotong Ya

Ukuran keberhasilan itu yakni, persentase angka kemiskinan, pengangguran, kematian ibu melahirkan, kematian bayi, indeks pembangunan manusia, pendapatan perkapita, dan angka genio ratio. Itulah sebabnya, kata Firli, kehadiran KPK di Jambi merupakan amanat undang-undang.

KPK memiliki tugas selain melakukan penyelidikan, penyidikan dan penuntutan serta eksekusi, juga untuk melakukan upaya-upaya pencegahan, koordinasi, monitoring, dan supervisi dengan pemerintah daerah dan instansi lainnya yang berwenang melakukan pemberantasan korupsi dan pelayanan publik. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.