Dark/Light Mode

Wajib Dipakai Di Semua Level PPKM

Pakai Masker Yang Bener, Jangan Di Bawah Dagu Ya

Senin, 27 September 2021 06:21 WIB
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, dr Reisa Broto Asmoro. (Foto: rm.id).
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, dr Reisa Broto Asmoro. (Foto: rm.id).

RM.id  Rakyat Merdeka - Apapun level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)-nya, memakai masker adalah wajib. Sebab, masker berfungsi saling melindungi dua arah antar sesama warga.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, dr Reisa Broto Asmoro mengatakan, penggunaan masker berlaku untuk semua level PPKM. Mengingat memakai masker di masa pandemi Covid-19 sekarang adalah prinsip universal.

“Memakai masker tetap berlaku di PPKM level berapa pun, karena maskerku melindungimu. Maskermu melindungiku. Bekerja dua arah saling melengkapi,” ingatnya.

Baca juga : Warganet Kangen Nonton Konser

Menurut Reisa, meski anak-anak sudah diperbolehkan masuk pusat perbelanjaan, peraturan universal tentang protokol kesehatan (prokes) tetap berlaku. “Pastikan anak-anak kita memakai masker dan rajin mencuci tangan,” ujarnya.

Reisa meminta para orangtua memperkenalkan norma sosial baru di mall kepada anak-anak, atau hukum universal masking. Yaitu, semua orang 100 persen harus memakai masker di ruang publik yang sama.

“Apalagi kalau jarak aman dan ventilasi terbuka tidak memungkinkan,” kata dia.

Baca juga : Amit-amit Jabang Bayi, Semoga Tidak Terjadi Gelombang Ketiga

Pemilik nama lengkap Raden Rara Ramania Putri Broto Asmoro menjelaskan, situasi Jawa- Bali yang membaik sekarang, membuat ruang publik dibuka secara bertahap. Pemerintah menyarankan masyarakat mengakses aplikasi PeduliLindungi ketika berada di ruang publik.

“Hal itu agar tingkat keamanan dan kenyamanan yang dirasakan pengunjung jauh lebih tinggi,” ucapnya.

Dalam proses transisi ini, Reisa meminta orangtua mengajarkan kepada anak-anaknya, bahwa Covid-19 akan tetap ada. Yaitu, seperti penyakit-penyakit yang ditularkan oleh virus dan bakteri lainnya yang telah ada, seperti influenza.

Baca juga : Divaksin Covid? Ngapain Takut

“Maka, pesan utamanya ialah membiasakan memakai masker dan cuci tangan serta prokes lainnya, sebagai cara melindungi diri dan orang lain semenjak usia dini,” katanya.

Netizen pun mengingatkan masyarakat. Akun @eggaegi mengatakan, level PPKM yang sudah diturunkan jangan sampai masker juga turun. Tetap gunakan masker dengan baik dan benar hingga pandemi ini kelar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.