Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Inovasi Pemerintah Jawab Keluhan Warga Soal Aplikasi PeduliLindungi

Rabu, 29 September 2021 08:00 WIB
Aplikasi PeduliLindungi. (Foto: Istimewa).
Aplikasi PeduliLindungi. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Mulai Oktober 2021, fitur pada aplikasi PeduliLindungi bisa diakses di sembi­lan aplikasi lain. Yakni di aplikasi Gojek, Grab, Tokopedia, Traveloka, Tiket, Dana, CinemaXXI, Link Aja maupun Jaki.

Vaksinuntukkita mengunggah deretan meme aplikasi PeduliLindungi akan dapat diakses di sembilan aplikasi lainnya. Aplikasi PeduliLindungi juga sudah memiliki fitur self check.

Baca juga : Bahlil: Investasi Susah Masuk, Kalau Cakupan Vaksinasi Masih Minim

Bagi masyarakat yang tidak punya pon­sel pintar dan akan melakukan perjalanan udara maupun dengan kereta, tetap bisa melakukan perjalanan. Sebab, status hasil tes swab PCR maupun antigen dan sertifikat vaksinnya teridentifikasi melalui Nomor Induk Kependudukan (NIK) saat membeli tiket.

Vaksinuntukkita juga menunjukkan be­berapa keuntungan mengunduh aplikasi PeduliLindungi. Yaitu, aplikasi PeduliLindungi berkait dengan hasil tes dan tracing kontak erat dan telemedicine. Sehingga bisa mendapatkan layanan obat gratis dan akan diintegrasikan dengan sistem karantina.

Baca juga : Sukses Tekan Corona, Pemerintah Bisa Tularkan PPKM Ke Negara Lain

“Bagi tempat yang tidak terintegrasi den­gan aplikasi PeduliLindungi, masyarakat bisa memeriksa secara mandiri di aplikasi PeduliLindungi. Caranya, masukkan NIK dan nantinya akan ada informasi bahwa yang bersangkutan statusnya layak atau tidak untuk masuk ke tempat tersebut,” ujar Vaksinuntukkita.

Netizen mendukung langkah Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang memperluas akses aplikasi PeduliLindungi dengan aplikasi lain. Namun, netizen berharap aplikasi terse­but tetap aman dan nyaman digunakan. Tidak ada data pribadi yang bocor.

Baca juga : Lestari Minta Pemerintah Jangan Abaikan Saran Epidemiolog

“Mulai Oktober fitur aplikasi PeduliLindungi ada di beberapa aplikasi lain. Seperti, Gojek, Grab, Tokopedia, Traveloka, Tiket, Dana, Cinema XXI, Link Aja, maupun Jaki,” kata @7kata.

Akun @Hyellowhello menyambung. Dia bilang, fitur aplikasi PeduliLindungi akan ada di aplikasi lain. Dia mencontohkan fitur check in ada di aplikasi gojek. “Kalau punya aplikasi Gojek terbaru coba dites,” imbaunya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.