Dark/Light Mode

Melalui Pendidikan Antikorupsi

KPK Ajak Sivitas Akademika Bangun Budaya Integritas

Selasa, 5 Oktober 2021 23:14 WIB
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata saat mengisi kuliah umum bertajuk
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata saat mengisi kuliah umum bertajuk "Pembangunan budaya integritas Melalui Pendidikan Antikorupsi” di Universitas Udayana (Unud), Sanglah, Denpasar, Bali, Selasa (5/10). (Foto: Humas KPK)

 Sebelumnya 
Rektor Universitas Udayana Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara sepakat pentingnya pembangunan budaya antikorupsi di kampus.

Dalam sambutannya dia menyampaikan, pemahaman antikorupsi sesungguhnya tidak hanya penting untuk sivitas hukum saja, karena korupsi melibatkan banyak disiplin ilmu.

Baca juga : Kejagung Sita Vila Mewah Di Bali Milik Teddy Tjokro

"Tidak mesti dari fakultas hukum saja. Bisa jadi teknik, kedokteran, dan sebagainya. Ada relevansinya. Selama kita berinteraksi dengan KPK, kita ambil manfaat yang banyak. Pencegahan korupsi harus kita upayakan sedini mungkin," ujar Nyoman.

Nyoman berpendapat, kuliah antikorupsi akan menjadi lebih baik lagi jika diprogramkan secara formal. Hal ini, menurutnya, menjadi tantangan tersendiri. Tapi jika berhasil, dapat menjadi kekhususan. Dia menyarankan untuk membahas hal tersebut ke depan.

Baca juga : Direktur Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi Nonaktif KPK Apresiasi Tawaran Kapolri

Menurutnya, pembelajaran antikorupsi perlu didorong dari dasar dan berkelanjutan. Dia mengajak segenap sivitas akademika untuk mendidik anak-anak sedini mungkin.

"Ajarkan anak-anak untuk menjauhi perilaku koruptif. Kalau perlu KPK yang mengajar sebagai dosen tamu. Kami sebagai pimpinan akan mendorong kegiatan seperti ini," tutupnya. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.