Dewan Pers

Dark/Light Mode

Pemerintah Kucurkan PEN Rp 61 Triliun

Usaha Wong Cilik Bangkit

Rabu, 6 Oktober 2021 06:40 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto alam webinar bertajuk Semangat dan Aksi Perempuan Andalan untuk Indonesia, (5/10). (Foto: ekon.go.id).
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto alam webinar bertajuk Semangat dan Aksi Perempuan Andalan untuk Indonesia, (5/10). (Foto: ekon.go.id).

 Sebelumnya 
“Potensi ekonomi digital masih terbuka lebar. Ini di­harapkan bisa dimanfaatkan UMKM dengan mengakses infrastruktur digital. Tidak terkecuali pelaku UMKM perempuan,” kata Airlangga.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, berdasarkan data pemerintah, jumlah UMKM di Indonesia mencapai 64,19 juta. Komposisi usaha mikro dan kecil sangat dominan, yakni 64,13 juta atau sekitar 99,92 persen dari keselu­ruhan sektor usaha.

Berita Terkait : Gus Jazil Minta Pemerintah Lestarikan Tari Topeng Cirebon

Teten mengungkapkan, 34 persen usaha menengah di­jalankan perempuan. Sementara, 56 persen usaha kecil dan 52 persen usaha mikro di Indonesia dimiliki perempuan.

“90 persen dari UMKM yang dimiliki perempuan melapor­kan kebutuhan akan dukungan dana yang sangat mendesak,” kata Teten.

Berita Terkait : Pemerintah Pastikan PON Papua Digelar Di Zona Aman Covid-19

Menurutnya, sebanyak 87 persen UMKM yang dimiliki perempuan juga merugi sangat besar karena pandemi. Dan 25 persen dari mereka kehilangan setengah pendapatannya.

“Dua dari tiga UMKM yang dimiliki perempuan terpaksa tutup permanen atau semen­tara selama pandemi,” ungkap Teten.

Berita Terkait : Inovasi Pemerintah Jawab Keluhan Warga Soal Aplikasi PeduliLindungi

Survei Mandiri Institute yang dilakukan Maret-April 2021 menunjukkan, 85 persen respon­den UMKM menjawab kondisi usaha sudah kembali normal pada awal kuartal II-2021.

Survei ini dilakukan terhadap 505 UMKM di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan dan be­berapa provinsi di Indonesia bagian timur. [KPJ]