Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Meriahnya HUT TNI Di Akhir Masa Jabatan Panglima TNI

Jokowi Tanya Ibu Iriana: Mau Disopirin Andika?

Rabu, 6 Oktober 2021 08:30 WIB
Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin meninjau alutsista yang dipamerkan usai memimpin upacara peringatan HUT TNI ke-76 di depan Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (5/10/2021). (Foto: Biro Pers)
Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin meninjau alutsista yang dipamerkan usai memimpin upacara peringatan HUT TNI ke-76 di depan Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (5/10/2021). (Foto: Biro Pers)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peringatan HUT TNI ke-76 di akhir masa jabatan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, yang berlangsung di Istana Merdeka, kemarin, begitu meriah. Ada banyak juga kejadian menarik. Salah satunya adalah Presiden Jokowi sempat menggoda Ibu Negara Iriana apakah mau menaiki kendaraan alutsista TNI dengan sopirnya Jenderal Andika Perkasa.

Godaan itu dilontarkan Jokowi di hadapan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI, dan sejumlah Jenderal yang mendampingi Presiden ketika meninjau pameran alat utama sistem persenjataan (alutsista) di depan Istana Merdeka, Jakarta.

Jokowi langsung menunjuk Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa sebagai sopirnya. “Biar yang nyetir Pak Andika,” seloroh Jokowi, disambut gelak tawa para Jenderal dan Menteri yang mendampinginya.

Baca juga : Panglima TNI: Saya Minta, Malam Ini Juga Diserahterimakan

Meskipun bernada guyonan, sepenggal kalimat yang diucapkan oleh orang nomor satu di Indonesia ini mengundang banyak penafsiran. Salah satunya, diduga menjadi kode pengganti Panglima TNI Marsekal Hadi yang akan memasuki pensiun awal bulan depan.

Sebelum melontarkan guyonan itu, Jokowi mengikuti sejumlah rangkaian acara peringatan HUT TNI. Mulai dari mengikuti upacara, penganugerahan tanda kehormatan, konferensi video hingga saling unjuk kekuatan dari tiga matra TNI.

Upacara digelar secara terbatas dengan protokol kesehatan yang ketat. Hadir juga sejumlah pejabat antara lain, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, hingga Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Fadjar Prasetyo.

Baca juga : Semangat Dan Doa Mengalir Dari Mulut Pemimpin Dunia

Yang bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Kolonel Inf. Tunjung Setiabudi. Sementara, Brigjen TNI Novi Helmy Prasetya bertindak selaku Perwira Upacara. Selanjutnya, Letda Pnb. Gilang Bella Mukti memandu pengucapan Sapta Marga.

Presiden Jokowi dalam amanatnya memuji peran TNI dalam perang melawan virus Covid-19. Perang yang menurut Kepala Negara sangat menguras tenaga, pikiran, mental hingga semangat juang.

“Keberhasilan kita dalam menangani pandemi Covid-19 ini tidak terlepas dari peran besar TNI. TNI yang selalu menunjukkan profesionalisme dalam setiap penugasan,” puji Jokowi.

Baca juga : Panglima TNI Dan Kapolri Disanjung Rakyat

Modernisasi pertahanan juga ikut disinggung. Menurut Jokowi, terobosan pengelolaan ekonomi dan investasi pertahanan diperlukan. Bukan doyan belanja pertahanan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.