Dark/Light Mode

Perayaan Idul Adha Di Masa Pandemi

Semangat Dan Doa Mengalir Dari Mulut Pemimpin Dunia

Rabu, 21 Juli 2021 05:13 WIB
Jemaah melakukan tawaf ifadhah dengan mengelilingi Kabah sebanyak tujuh kali. Pelaksanaan ibadah haji dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Tahun ini, hanya 60 ribu orang yang sudah divaksin dan tinggal di Arab Saudi yang dapat menunaikan ibadah haji. (Foto : Twitter/Haramain Sharifain).
Jemaah melakukan tawaf ifadhah dengan mengelilingi Kabah sebanyak tujuh kali. Pelaksanaan ibadah haji dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Tahun ini, hanya 60 ribu orang yang sudah divaksin dan tinggal di Arab Saudi yang dapat menunaikan ibadah haji. (Foto : Twitter/Haramain Sharifain).

RM.id  Rakyat Merdeka - Idul Adha tahun ini kembali dirayakan di tengah pandemi Covid-19. Para pemimpin negara di dunia saling menyemangati dan mengirimkan doa.

Presiden Israel Isaac Herzog, misalnya. Herzog menghubungi Presiden Palestina Mahmoud Ab­bas untuk menyampaikan ucapan selamat atas perayaan Idul Adha yang jatuh kemarin.

Dilansir Kantor Berita Palestina, Wafa, kemarin, selain Herzog, Abbas juga menerima ucapan selamat Idul Adha dari Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz.

Berita Terkait : Idul Adha, Suharso Doakan Indonesia Terbebas Pandemi Covid-19

“Presiden Abbas menerima ucapan selamat dan doa agar rakyat Palestina diberi kesehatan di tengah terpaan pandemi,” demikian pernyataan Kantor Kepresidenan Palestina, dikutip Wafa.

Presiden Mesir Abdel Fattah al Sisi juga menghubungi Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad al Thani untuk mengucapkan selamat Hari Raya. Dia juga menyampaikan harapan agar rakyat Qatar diberi kemakmuran dan kesehatan.

“Presiden Sisi juga menghubungi Emir Kuwait Sheikh Nawaf Al Ahmad Al Jaber Al Sabah, Presiden Irak Barham Salih dan Presiden Tunisia Kais Saied,” terang Juru Bicara Kepreside­nan Mesir, Bassam Rady, diku­tip Arab News, kemarin.

Berita Terkait : Anies: Idul Adha Di Tengah Pandemi Covid, Keluarga Makin Terasa Penting

Tidak ketinggalan, Raja Salman dari Arab Saudi juga menghubungi Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad. Keduanya saling bertukar ucapan. Emir Qatar men­doakan Saudi sukses menyeleng­garakan Ibadah Haji tahun ini.

Dari Eropa, Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson mengucapkan selamat Idul Adha untuk umat Muslim sedunia.

Johnson mengatakan, belakangan ini seluruh dunia menghadapi situ­asi yang tidak mudah. Begitu juga dengan umat Muslim di Inggris.

Berita Terkait : Perayaan Idul Adha, Khofifah: Sembelihlah Sifat Sombong Dan Ego Pribadi

Sebelumnya, kata Johnson, umat Muslim harus tetap menjalani ibadah puasa di bulan Rama­dan, di tengah lockdown. Kini, umat Muslim sedunia mendam­bakan pergi haji. Namun, tidak bisa karena adanya pembatasan terkait situasi pandemi.

“Saya mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya atas pengorbanan umat Muslim Inggris yang begitu besar, dan semua hal heroik yang telah Anda lakukan. Seperti mematuhi aturan jaga jarak, serta memberikan bantuan makanan atau pertolongan lain kepada kelompok rentan,” ujar Johnson dalam pesan video yang diterima Rakyat Merdeka, kemarin.
 Selanjutnya