Dark/Light Mode

Meriahnya HUT TNI Di Akhir Masa Jabatan Panglima TNI

Jokowi Tanya Ibu Iriana: Mau Disopirin Andika?

Rabu, 6 Oktober 2021 08:30 WIB
Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin meninjau alutsista yang dipamerkan usai memimpin upacara peringatan HUT TNI ke-76 di depan Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (5/10/2021). (Foto: Biro Pers)
Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin meninjau alutsista yang dipamerkan usai memimpin upacara peringatan HUT TNI ke-76 di depan Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (5/10/2021). (Foto: Biro Pers)

 Sebelumnya 
“Saya tegaskan kembali, kita harus bergeser dari kebijakan belanja pertahanan menjadi kebijakan investasi pertahanan yang berpikir jangka panjang, yang dirancang sistematis, dan yang dijalankan secara konsisten dan berkelanjutan,” pesannya.

Usai menyampaikan amanat dan mengikuti prosesi upacara, Kepala Negara beserta Ibu Negara Iriana dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin duduk di teras Istana Merdeka menyaksikan atraksi 8 helikopter yang membawa bendera Lambang TNI dan bendera Merah Putih raksasa.

Selain itu, sekitar 18 pesawat tempur TNI yang sempat menghiasi langit Ibu Kota kemarin juga fly pass dan bermanuver saat melintasi tepat di atas Istana.

Baca juga : Panglima TNI: Saya Minta, Malam Ini Juga Diserahterimakan

Presiden juga menyempatkan diri menyapa perwakilan prajurit TNI yang mengikuti upacara melalui konferensi video dari berbagai wilayah, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Baru kemudian, Presiden berkeliling Istana menggunakan golf car mengunjungi pameran alutsista. Tepatnya, di depan Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, ada sejumlah peralatan tempur yang jarang diketahui dipamerkan. Yakni peluncur roket Astros atau Artillery Saturation Rocket System.

“Ini pengadaan pada Renstra sampai dengan 2019,” kata Panglima. “Berarti ini baru-baru semua?” timpal Jokowi lagi. “Siap, ini yang baru sampai Renstra 2019,” sahut Hadi.

Baca juga : Semangat Dan Doa Mengalir Dari Mulut Pemimpin Dunia

Di tengah perbincangan itu, Jenderal Andika dari jarak yang agak jauh di sebelah kanan Jokowi tiba-tiba nimbrung.

“Ini ada yang menonjol pak,” ucap Andika yang mengundang perhatian Jokowi. “Ini AD, kami punya 56 rantis,” sambungnya.

Di saat Presiden dan Jenderal Andika ngobrol, Ibu Negara Iriana yang berdiri tidak jauh dengan Jokowi nampak meminta fotografer memoto dirinya bersama Ibu Wury Ma’ruf Amin dan Ibu Nanny Hadi Tjahjanto di depan alutsista yang terparkir.

Baca juga : Panglima TNI Dan Kapolri Disanjung Rakyat

Setelah foto-foto, Iriana dicandain Jokowi. Menawarkannya untuk menjajal salah satu kendaraan alutsista. “Mau naik yang mana? Biar nanti yang nyetir Pak Andika,” guyon Jokowi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.