Dark/Light Mode

Wacana Pelabelan Bebas BPA Di Kemasan Makanan Makin Kencang

Jumat, 8 Oktober 2021 21:04 WIB
Label bebas BPA (Foto: Istimewa)
Label bebas BPA (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Sebelumnya, Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait mengatakan, pihaknya sangat concern terhadap perlindungan anak-anak dari bahaya penggunaan bahan kimia BPA bagi kesehatan anak-anak. “Saat ini masih banyak masyarakat yang belum paham terkait dengan produk-produk plastik dan dampaknya bagi kesehatan," Arist. 

Baca juga : Persaingan Ekspor Batik Makin Ketat

Pihaknya meminta pemerintah segera membuat aturan tegas untuk pelabelan produk free BPA. Pihaknya meminta agar BPOM dan Kementerian Kesehatan membuat aturan yang jelas, terkait informasi BPA ini dalam sebuah produk. “Hasil eksekusi kami terhadap berbagai penelitian di lapangan, regulator diperlukan kehadirannya dalam mengontrol produk plastik berbahan kimia berbahaya," terangnya. 

Baca juga : Guru Besar Undip Dan ITB Pastikan Air Kemasan Galon Guna Ulang Aman

Anggota Komisi IX DPR Arzeti Bilbina juga menyuarakan pentingnya perlindungan kesehatan anak dari bahaya. Menurut politisi PKB itu, BPA berpotensi merusak sistem hormon, kromosom pada ovarium, penurunan produksi sperma, dan mengubah fungsi imunitas. 

Baca juga : Ekonomi Pancasila Atasi Kemiskinan Dan Kesenjangan

"Kita sering lupa apakah barang yang ada di rumah kita terbebas dari kode plastik dengan lingkaran segitiga ada tulisan 7-nya atau tidak. Di sini kan kita perempuan, termasuk saya sering lupa," kata Arzetti. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.