Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pemerintah Kudu Siapkan Antisipasi

Hati-hati, Long Covid Bisa Jadi Bom Waktu

Senin, 11 Oktober 2021 06:20 WIB
Ilustrasi. (Foto: istimewa).
Ilustrasi. (Foto: istimewa).

 Sebelumnya 
Akun @tonangaryanto menambahkan. Kata dia, setelah sembuh dari Covid, ada beberapa kondisi yang mungkin terjadi. Tidak serta merta pasti sembuh sempurna. Relatif banyak yang bergejala sisa.

“Perlu waktu memulihkannya, bisa sampai 12 minggu, bahkan ada yang bertahan lebih lama (long covid),” kata dia.

Akun @Abdurahman Muflih mengaku sembuh dari Covid sejak Juli lalu. Namun, kini ia menderita long Covid. Sampai sekarang, dia masih sering ngos-ngosan, batuk, tenaga cepat habis, keringat berlebih dan insomnia.

Baca juga : Bamsoet Dorong Indonesia Jadi Rumah Wayang Dunia

“Aku juga long Covid. Terasa sekali badan capek dan pegel banget seperti orang mau flu, padahal cuma habis kegiatan gak berat,” timpal @hanarietta.

“Gejala long Covid merupakan salah satu yang dikhawatirkan setelah pasien sembuh dari Covid-19,” imbuh @desaanaksos.

Akun @satyasuryawan menjelaskan, pasien long Covid memiliki sejumlah besar molekul inflamasi yang menyumbat aliran darah. Penyumbatan ini berpotensi mengganggu distribusi oksigen dan nutrisi. “Inilah penyebab munculnya gejala seperti kelelahan, sakit kepala, kesulitan bernapas,” kata dia.

Baca juga : Usaha Wong Cilik Bangkit

Menurut @Tunggadewi, long Covid-19 merupakan gejala yang dirasakan saat positif Covid 19, walaupun telah dinyatakan negatif, dengan pasien yang mengalami gejala ringan sampai berat.

Mengatasi long Covid, dia menyarankan para penyintas untuk konsumsi makanan bernutrisi, olah raga ringan rutin, hindari debu, rokok dan asap sampah. “Kelola stress dan cemas serta konsultasi ke dokter,” ujarnya.

Sementara akun @Rachmayanto mendoakan para penyitas Covid-19 yang mengalami long Covid dapat segera mengatasinya dengan baik. Bagi yang belum terpapar Covid-19, tetap berhati-hati dan menyadari kalau Covid masih membayangi di kehidupan. “Tetap disiplin prokes,” tandasnya.

Baca juga : Kominfo Dukung Sosialisasi Pencegahan Covid-19 Dan Vaksinasi IKA USU

Akun @nona_melinda mengatakan, vaksinasi terbukti ampuh meningkatkan kemungkinan pulih sepenuhnya dari long Covid-19. Dia bilang, beberapa temannya yang sudah divaksin dan terkena Covid-19 mengalami gejala ringan. “Yuk, yang masih belum vaksin, segera vaksin saja ya,” imbau dia. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.