Dark/Light Mode

Ini Profil Almarhumah Heldy Djafar, Istri Ke-9 Bung Karno

Senin, 11 Oktober 2021 21:06 WIB
Istri ke-9 Presiden Republik Indonesia pertama Soekarno, (Alm) Heldy Djafar binti Jafar. (Foto: Ist)
Istri ke-9 Presiden Republik Indonesia pertama Soekarno, (Alm) Heldy Djafar binti Jafar. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Istri ke-9 Presiden Republik Indonesia pertama Soekarno, Heldy Djafar binti Jafar wafat Minggu (10/10) malam. Almarhumah merupakan istri terakhir sang Proklamator. Perempuan asal Tenggarong, Kalimantan Timur ini meninggal dalam usia 74 tahun di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

"Benar meninggal dunia, benar tadi malam pukul 22.00 waktu Jakarta," kata keponakan almarhumah, Akhmad Salbani.

Anak kelima almarhumah, Gusti Firmansyah Noor menyatakan, ibunya meninggal usai menjalani perawatan kanker dan gagal ginjal. Heldy diketahui mengalami kanker stadium keempat. Heldy meninggalkan enam anak, sepuluh cucu dan dua cicit.

Baca juga : Ini Profil Dan Harta Lodewijk, Wakil Ketua DPR Pengganti Azis Syamsuddin

Heldy adalah putri bungsu dari sembilan bersaudara pasangan H Djafar dan Hj Hamiah. Ia lahir 11 Juni 1947 di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Hedly disebut telah mengkhatamkan Al Quran sejak kecil.

Tamat SMP, Heldy merantau ke Jakarta nyusul kakaknya bernama Erham dan tinggal di Jalan Ciawi III Nomor 4 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Ia lantas sekolah di Sekolah Guru Kepandaian Putri (SGKP) di Pasar Baru, Jakarta.

Paras cantik Heldy bikin dia populer. Wajahnya pernah beberapa kali menjadi sampul majalah, salah satunya Pantjawarna.

Baca juga : Didampingi Menperin, Airlangga Tinjau Tempat Isolasi Terapung Di Kota Sorong

Dia juga pernah terpilih jadi bagian dari barisan Bhinneka Tunggal Ika di Istana Negara untuk menyambut tim Piala Thomas pada 1964. Di momen inilah, Bung Karno bertemu Heldy.

Dari berbagai catatan dan sumber yang diperoleh, Bung Karno semasa hidup memiliki 9 orang istri yakni Siti Oetari, Inggit Ginarsih, Fatmawati, Hartini, Ratna Sari Dewi Soekarno, Haryati, Yurike Sanger, Kartini Manoppo, dan Heldy Djafar.

Saat berusia 65 tahun lah, Bung Karno menikah dengan Heldy yang saat itu baru berusia 18 tahun. Ketua DPA Idham Chalid dan Menteri Agama Saifuddin Zuhri menjadi saksi pernikahan keduanya.

Baca juga : Ini Alokasi Anggaran PEN Tahun Depan, Kesehatan Paling Besar

Namun usia pernikahan Bung Karno dan Heldy hanya dua tahun. Situasi politik semakin tidak menentu.

Komunikasi makin macet Bung Karno menjadi tahanan di Wisma Yaso, Jalan Gatot Subroto. Heldy sempat ingin berpisah. Namun, Bung Karno tetap bertahan. Bung Karno ingin dipisahkan oleh maut.

Selang beberapa waktu, 19 Juni 1968, aaat Heldy berusia 21 tahun, ia menikah dengan Gusti Suriansyah Noor. Seorang keturunan Kerajaan Banjar. Saat hamil tua, dia mendapat kabar, Bung Karno meninggal dunia 21 Juni 1970 pada usia 69 tahun. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.