Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jangan Tanya Soal Capres, Anies Lagi Sibuk Urus Hujan

Kamis, 14 Oktober 2021 07:40 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat apel kesiapsiagaan menghadapi musim hujan di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Rabu (13/10/2021). (Foto: Pemprov DKI Jakarta)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat apel kesiapsiagaan menghadapi musim hujan di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Rabu (13/10/2021). (Foto: Pemprov DKI Jakarta)

 Sebelumnya 
Sebelumnya, DKI hanya punya kurang lebih 10 alat ukur curah hujan. Anies juga mengajak masyarakat untuk mengantisipasi potensi curah hujan. “Ayo kita menjaga kebersihan lingkungan, bekerja bakti bersama, membersihkan saluran air, dan bijak membuang sampah di tempat sampah,” ujarnya.

Anies mengungkapkan, pihaknya juga sudah melakukan berbagai upaya untuk menghadapi musim hujan. Di antaranya adalah revitalisasi waduk dan pompa, program Grebek Lumpur di lima wilayah Jakarta, serta optimalisasi aplikasi JAKI sebagai media pelaporan warga.

Baca juga : Bangganya Gregoria Buka Jalan Indonesia Di Laga Kedua Uber Cup

Sebelum meninggalkan lokasi, awak media menanyakan soal peluang Anies maju di pilpres 2024. Ditanya begitu, Anies hanya tersenyum. Dia belum memikirkan bagaimana nasibnya setelah selesai menjabat sebagai gubernur, 16 Oktober tahun depan.

“Sekarang kita tuntaskan tanggung jawab semua ini (menghadapi musim hujan dan dampak bencana yang ditimbulkan),” kata Anies. Setelah itu, ia buru-buru membalikkan badan meninggalkan wartawan.

Baca juga : Anies-Ganjar Tak Senekat Ridwan Kamil

Sikap Anies yang selalu bungkam ditanya soal capres ini bikin penasaran publik.

Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin menduga, Anies tak mau banyak bicara soal pilpres untuk menghindari serangan dari musuh politiknya.

Baca juga : Dengan One Two Cups, Seduh Kopi Enak Cukup Dari Rumah

Menurut Ujang, semakin sering Anies banyak bicara soal pilpres, maka akan semakin gencar serangan kepada Anies. “Di saat yang sama, masih banyak pekerjaan rumah di Jakarta,” kata Ujang, saat dikontak, tadi malam.

Hal senada juga disampaikan pengamat politik dari UIN Jakarta, Pangi Syarwi Chaniago. Dia bilang, Anies menunggu momen yang tepat bicara capres. Saat ini, bukan waktu yang tepat karena Anies masih menjabat sebagai gubernur yang akan habis jabatannya tahun depan. Akan ada waktu 2 tahun bagi Anies bicara soal pilpres dengan leluasa. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.