Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tanggapi Cuitan Eks Jubirnya

KPK: OTT Bukan Satu-Satunya Cara Ampuh Berantas Korupsi

Senin, 18 Oktober 2021 16:23 WIB
Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri. (Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka)
Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri. (Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan, Operasi Tangkap Tangan (OTT) bukan satu-satunya cara ampuh untuk memberantas korupsi.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri menyatakan, pada prinsipnya, pemberantasan korupsi mencakup multiaspek dan multidimensi untuk mewujudkan tujuan besar Indonesia yang bersih dari korupsi.

Baca juga : KPK Tetapkan Adik Eks Bupati Lampung Utara Tersangka Korupsi

"Sehingga tentulah dibutuhkan upaya-upaya pencegahan, pendidikan, dan penindakan secara simultan dan melibatkan berbagai elemen masyarakat," ujar Ali kepada RM.id, Senin (18/10).

Hal itu disampaikan Ali menanggapi cuitan eks Jubir KPK Febri Diansyah yang membeberkan data tentang sedikitnya OTT di era kepemimpinan Firli Bahuri.

Baca juga : Anies Harap Kedatangannya Bantu KPK Tegakkan Hukum Dan Berantas Korupsi

Dia kemudian membeberkan, KPK berkomitmen untuk terus melakukan berbagai upaya optimal dalam menekan angka korupsi ini.

Komisi antirasuah, telah mendorong berbagai institusi di kementerian, lembaga, pemerintah daerah, BUMN/BUMD untuk terus berbenah agar sistem tak memberi ruang kepada pihak-pihak berbuat korup. "Langkah-langkah ini bersifat antisipatif sebelum korupsi itu terjadi," imbuhnya.

Baca juga : Transaksi Suap Disamarkan Sebagai Pembayaran Konveksi

Kemudian untuk mewujudkan generasi mendatang yang berintegritas, KPK juga gencar melakukan upaya pendidikan antikorupsi.

Meskipun hasilnya baru bisa dipetik untuk jangka waktu lama, komisi pimpinan Firli Bahuri cs meyakini, melalui sinergi dan dukungan berbagai pemangku kepentingan, cita-cita mewujudkan Indonesia yang bersih dari korupsi bukan hal mustahil.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.