Dark/Light Mode

Masyarakat Bakal Hidup Berdampingan Dengan Corona

Siapkan Diri Dengan Vaksinasi, Jalani Prokes Dan Jaga Perilaku

Sabtu, 31 Juli 2021 05:05 WIB
Kasubbid Tracing, Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Penanganan Covid 19, Kusmedi Priharto mengatakan, tak ada yang bisa memprediksi pandemi ini berakhir. (Foto : Istimewa).
Kasubbid Tracing, Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Penanganan Covid 19, Kusmedi Priharto mengatakan, tak ada yang bisa memprediksi pandemi ini berakhir. (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 meminta masyarakat bersiap hidup berdampingan dengan virus Corona. Pasalnya, sampai saat ini tidak ada yang bisa memprediksi kapan virus asal Wuhan, China, ini berakhir.

“Beberapa negara yang sudah buka lock­down, kembali lagi lockdown. Maka, sudah sewajarnya mempersiapkan diri hidup ber­dampingan dengan Covid-19,” ujar Kepala Sub Bidang Tracing Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Koesmedi Priharto.

Untuk dapat hidup berdampingan dengan Covid-19, Koesmedi meminta masyarakat membangun kehidupan normal baru untuk memutus penularan virus tersebut. Sebab, virus Corona menular antarmanusia.

Berita Terkait : Semua Merek Vaksin Efektif Lawan Covid

“Ketika perilaku kita tidak bisa mencegah cara penularannya, maka angka kasusnya akan naik. Itu harus dipahami masyarakat, jangan semua diserahkan kepada pemerin­tah,” katanya.

Pemerintah, menurut Koesmedi, sudah berupaya maksimal menangani pandemi. Dia meminta masyarakat bekerja sama dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Dengan prokes yang ketat, penularan antarorang ke orang menjadi rendah.

“Kalau itu benar-benar dipahami, maka kita bisa hadapi dan berdampingan dengan Covid-19,” kata dia.

Berita Terkait : Pemda Lamban Testing Dan Lelet Vaksinasi, Apa Perlu Disanksi?

Koesmedi menegaskan, naik atau turunnya angka kasus positif Covid-19 tergantung pada perilaku masing-masing orang. Dia bilang, bila perilaku masyarakat baik, angka kasus positif juga akan turun. “Nah, itu yang harus kita siapkan dari sekarang,” jelasnya.

Akun @Djuhairi Mkm membenarkan, sampai kapan pun penularan virus Corona tidak bakal berhenti. Dia menyarankan, masyarakat hidup sehat dan menguatkan im­unitas tubuh. Termasuk taat prokes agar bisa hidup berdampingan dengan Covid-19.

“Emang harus begitu, sampai kapan pun virus nggak akan pernah bisa hilang,” sa­hut @Sovi Vai. “Sudah sewajarnya kita mem­persiapkan diri hidup berdampingan dengan Covid-19,” tambah @PejuangMedsos10.

Berita Terkait : Gengs, Bansos Sudah Dibagikan, Pemerintah Peduli Saat Pandemi

Akun @tjakrabirawa menimpali. Kata dia, untuk bisa hidup berdampingan dengan virus Corona, salah satu jalannya dengan memperce­pat vaksin Covid supaya herd immunity (keke­balan kelompok) lekas terbentuk.

“Covid-19 nggak bisa hilang. Kalau virus bisa lenyap, tentu setiap orang tidak bakal sakit flu atau cacar,” kata @tjakrabirawa.
 Selanjutnya