Dark/Light Mode

Musim Pemilu Datang Lebih Dini

17 Menteri Parpol Jangan Hilang Fokus

Senin, 25 Oktober 2021 08:15 WIB
Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Maruf Amin saat mengenalkan Kabinet Indonesia Maju di Halaman Istana Merdeka, Jakarta. (Foto: Setkab)
Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Maruf Amin saat mengenalkan Kabinet Indonesia Maju di Halaman Istana Merdeka, Jakarta. (Foto: Setkab)

 Sebelumnya 
Namun, Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto punya pendapat lain. Ia meyakini, tahapan Pemilu tidak akan mengganggu kinerja pemerintahan Jokowi. Apalagi dengan gaya kepemimpinan Jokowi yang directive dan fokus pada penyelesaian masalah.

“Terlebih dalam situasi di tengah pandemi. Semua menteri harus bekerja keras, selalu jemput bola dan mengambil inisiatif kepemimpinan agar recovery perekonomian nasional akibat pandemi, dapat secepatnya diatasi,” kata Hasto kepada Rakyat Merdeka, tadi malam.

Baca juga : Banteng Dipepet Garuda

Meskipun, ia tidak bisa memastikan semua menteri akan bisa fokus demikian. Akan tetapi, ia memastikan para menteri dari PDIP akan tetap full speed mengejar target visi-misi yang menjadi legacy Presiden Jokowi kelak.

“Tugas menteri adalah fokus membantu Presiden Jokowi. Terkait pemilu, biar seluruh struktur, kader dan anggota partai yang bergerak,” pungkasnya.

Baca juga : Datang Ke KPK, Menteri Suharso Bahas Remunerasi Penegak Hukum

Hal senada juga disampaikan Sekjen PPP, Arwani Thomafi. Kata dia, pemilu merupakan rutinitas lima tahunan. “Jadi, parpol termasuk juga menteri-menteri tentu sudah harus memahami jadwal rutin politik 5 tahunan itu,” tegasnya.

Politisi PKB Luqman Hakim tidak menampik, bila suhu politik jelang 2024 akan mulai memanas di tahun 2022. Namun, dinamika tersebut tidak melulu buruk. Justru bisa jadi pelecut bagi para menteri yang berlatar belakang parpol untuk meningkatkan kinerja dan prestasinya. Agar mendapat ponten bagus dari masyarakat.

Baca juga : Sinergi, Kunci Peningkatan Literasi Di Pandeglang

“Momen politik itu bisa jadi pelecut,” sambungnya.

Ia meyakini, komposisi kabinet multi partai ini akan baik-baik saja hingga akhir masa jabatan presiden. “Tidak ada yang namanya tugas-tugas terbengkalai karena urusan politik,” tegas anggota Komisi II DPR ini. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.