Dark/Light Mode

Corona Membaik

Jokowi Belum Plong

Rabu, 27 Oktober 2021 07:30 WIB
Presiden Jokowi saat memberikan arahan kepada seluruh para kepala daerah yang digelar secara virtual di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (25/10). (Foto: Biro Pers)
Presiden Jokowi saat memberikan arahan kepada seluruh para kepala daerah yang digelar secara virtual di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (25/10). (Foto: Biro Pers)

 Sebelumnya 
Berdasarkan hasil survei, ada 19,9 juta orang yang berniat mudik pada momen libur tersebut. Menurut dia, jumlah yang tidak sedikit tersebut harus diantisipasi oleh semua provinsi, kabupaten, dan kota. “Semua kabupaten dan kota harus mengingatkan warganya agar Natal dan tahun baru ini lebih baik tidak bepergian ke mana-mana,” cetusnya.

Jokowi juga meminta, seluruh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) ikut membantu mensosialisasikan untuk mengantisipasi kemungkinan gelombang ketiga. Selain itu, dia meminta para kepala daerah tidak menganggap sepele kenaikan kasus yang muncul di daerahnya.

Baca juga : Gempa, Banjir, Longsor Mengintai

Kata Jokowi, kenaikan kasus sekecil apa pun harus diwaspadai. Karena jika dibiarkan, bisa meningkat. Karena itu, ia minta kepala daerah untuk memperkuat tracing dan testing. Apalagi saat ini, ada 105 kabupaten/kota di 30 provinsi yang kasus positifnya naik.

Terakhir, Jokowi mengingatkan, seluruh kepala daerah mempercepat vaksinasi untuk melindungi rakyat sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi.

Baca juga : Jokpro Masih Ngebet Jodohin Jokowi-Prabowo

Penambahan kasus Corona di Tanah Air memang sudah melandai. Sepekan terakhir, penambahan kasus berada di bawah seribu per hari. Kemarin misalnya, ada tambahan sebanyak 611 kasus. Jumlah tersebut didapat dari pemeriksaan sampel sebanyak 178.077 orang.

Penambahan kasus terbanyak ada di Jawa Tengah dengan 91 kasus. Disusul Jawa Barat dengan total 78 kasus, dan Jawa Timur dengan total 51 kasus. Dengan tambahan tersebut, total kasus aktif kini sebanyak 12.989. Sementara kasus meninggal bertambah 35 orang.

Baca juga : Jokowi Belum Puas

Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono mengatakan, ada atau tidaknya gelombang ketiga Corona di Indonesia tergantung dari masyarakat. Untuk itu, ia meminta semua pihak taat prokes.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.