Dark/Light Mode

Harga Tes PCR

Lain Di Atas, Lain Di Bawah

Jumat, 29 Oktober 2021 08:10 WIB
Petugas kesehatan melakukan tes usap PCR di Jakarta. (Foto: Antara/Galih Pradipta)
Petugas kesehatan melakukan tes usap PCR di Jakarta. (Foto: Antara/Galih Pradipta)

RM.id  Rakyat Merdeka - Meski pemerintah sudah menurunkan tarif tes Polymerase Chain Reaction (PCR) ke angka Rp 275 ribu, tapi beberapa fasilitas kesehatan masih jual dengan harga tinggi. Tarif PCR, lain di atas lain di bawah.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) lewat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan gerak cepat (gercep) mengeluarkan Surat Edaran Nomor HK.02.02/1/3843/2021 yang mengatur batasan tarif tertinggi tes PCR.

Baca juga : Yess, Harga Tes PCR Turun Lagi, Simak Ketentuannya

Dalam perubahan tarif tes PCR kali ketiga itu, tarif tertinggi pemeriksaan PCR adalah Rp 275 ribu. Itu untuk Pulau Jawa dan Bali. Sementara untuk luar Pulau Jawa dan Bali, tarifnya paling tinggi Rp 300 ribu.

Namun sayangnya, di lapangan masih ada yang menjual di atas tarif yang ditentukan pemerintah. Misalnya di salah satu klinik yang ada di sisi jalan mengarah ke Pejaten, Jakarta Selatan. Harga tes PCR-nya masih di kisaran Rp 400 ribu hingga Rp 600 ribu. Di laboratorium klinik ternama di Cibubur, Jakarta Timur, juga masih pasang harga Rp 657 ribu.

Baca juga : Alhamdulillah, Harga Tes PCR Kini 275 Ribu Untuk Wilayah Jawa Bali

Lain pula di Tebet, Jakarta Selatan. Salah satu klinik memberlakukan paket reguler dan ekspres atau kilat. Jika paket reguler mengikuti harga yang ditetapkan pemerintah, tapi hasilnya baru keluar H+1 setelah pengambilan sampel atau 1x24 jam.

Jika paket ekspres, hasilnya bisa keluar dalam hitungan jam. Nggak sampai sehari. Tapi harganya bisa dua kali lipat, bahkan lebih. Bayangkan dari harga reguler Rp 275 ribu, menjadi Rp 600 ribu untuk pengerjaan 6-9 jam. Atau ada paket yang lebih mahal lagi: Rp 900 ribu, ini hasilnya bisa keluar dalam 3 jam.

Baca juga : Hasil Keluar 3 Jam, Layanan PCR Di Soetta Jadi Pilihan Penumpang Pesawat

Tak cuma di Ibu Kota. Siasat harga yang kurang lebih sama juga diadopsi di daerah. Di Banda Aceh misalnya. Laboratorium yang ada di Jalan Teuku Cut Beureueh memberi nama paket prioritas dengan mematok harga Rp 599.000 untuk sekali tes.

Tes prioritas hasilnya lebih cepat dan hari bukanya lebih panjang. Kalau reguler buka dari Senin-Jumat. Tes Prioritas bisa buka Senin-Minggu. Untungnya, paket tes reguler PCR di ujung Sumatera ini masih mengikuti ketentuan pemerintah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.