Dark/Light Mode

PDIP Sebut Pemerintahan SBY Banyak Rapat Tanpa Keputusan, JK Angkat Bicara

Jumat, 29 Oktober 2021 12:58 WIB
Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla (Foto: Instagram @jusufkalla)
Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla (Foto: Instagram @jusufkalla)

 Sebelumnya 
Sekadar latar, kritikan terhadap pemerintahan SBY dilontarkan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto lewat keterangannya pada 21 Oktober 2021. Bersamaan dengan pujian partai berlambang banteng kepada pemerintahan Jokowi.

"Pak Jokowi punya kelebihan dibanding pemimpin yang lain. Beliau adalah sosok yang turun ke bawah, yang terus memberikan direction, mengadakan ratas (rapat kabinet terbatas) dan kemudian diambil keputusan di rapat kabinet terbatas," kata Hasto.

Baca juga : Erick Senang Dan Bangga

"Berbeda dengan pemerintahan 10 tahun sebelumnya, terlalu banyak rapat tidak mengambil keputusan," sambungnya.

Hasto memuji strategi pemerintahan Jokowi dalam mengatasi pandemi, dengan menyeimbangkan antara ekonomi dan kesehatan.

Baca juga : BPN Janjikan Badan Bank Tanah Rampung Bulan Ini

Menurutnya, Jokowi dinilai berhasil dalam setiap agenda rapat, yang disertai pengambilan keputusan antara pusat dan daerah. Keberhasilan ini antara lain terlihat dari kemampuan Indonesia mendapatkan vaksin Covid-19.

"Keberhasilan Jokowi bersama Menteri Luar Negeri, Menteri BUMN, Menteri Kesehatan dalam mendapatkan jatah vaksin Covid-19 adalah contoh nyata. Hal itu tidak mungkin terjadi, kalau Presiden Jokowi tidak memberikan suatu direction, membentuk tim negosiasi untuk mendatangkan vaksin-vaksin dan bergerak dengan penuh keyakinan," urai Hasto.

Baca juga : KPK Buka Kemungkinan Jerat Bank Panin Jadi Tersangka Korporasi

Meski tak luput dari kritik, Hasto menilai Jokowi mampu menampilkan sosok yang tahan uji. Terutama, di masa pandemi Covid-19. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.