Dark/Light Mode

Dobel Insentif Tak Perlu Dibalikin

Nakes Dimanjain, Nggak Apa-apa...

Selasa, 2 November 2021 07:40 WIB
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin (kanan) bersama Ketua BPK Agung Firman saat menyampaikan keterangan pers terkait persoalan kelebihan transfer insentif tenaga kesehatan di Gedung BPK RI, Jakarta, Senin (1/11/2021). (Foto: Humas Kemenkes RI)
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin (kanan) bersama Ketua BPK Agung Firman saat menyampaikan keterangan pers terkait persoalan kelebihan transfer insentif tenaga kesehatan di Gedung BPK RI, Jakarta, Senin (1/11/2021). (Foto: Humas Kemenkes RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabar bahagia bagi para tenaga kesehatan (nakes). Dobel insentif yang ditransfer pemeritah tak perlu dibalikin lagi. Keputusan pemerintah yang manjain pahlawan Corona ini diapresiasi banyak kalangan.

Keputusan tidak lagi menagih kelebihan transfer bagi para nakes ini disampaikan langsung Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin usai berkonsultasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), kemarin. Kelebihan transfer yang diterima sejumlah nakes, dianggap sebagai kompensasi.

Baca juga : Literasi Informasi Penting Untuk Tangkal Hoaks Dan Berdayakan Masyarakat

“Keputusan yang kami ambil, diskusi bersama teman-teman BPK adalah tidak menarik kembali (kelebihan transfer), tapi melakukan kompensasi. Kalau ditarik kembali kasihan,” kata BGS, sapaan akrab Budi Gunadi Sadikin, di kantor BPK, Jakarta, kemarin.

Kompensasi yang dimaksud BGS adalah nakes yang menerima kelebihan dana insentif akan terus bekerja di fasilitas layanan kesehatan. Dia memastikan ke depannya tata kelola keuangan akan dilakukan lebih baik melalui mekanisme sistem keuangan yang telah dikembangkan pihaknya.

Baca juga : Kaos Dan Gelasnya Nggak Sekalian Nih...

“Dengan adanya pengawasan BPK ini, kita menjadi lebih tahu ada data yang salah, sehingga terjadi duplikasi di laporan. Jadi kita perbaiki dan ke depan jadi lebih baik,” ujarnya.

Lebih lanjut, mantan Direktur Utama Bank Mandiri itu juga berpesan agar nakes tidak perlu khawatir mengenai dampak ke depannya dari penerimaan insentif dobel. Tetap konsentrasi bekerja melakukan tanggung jawab dan selalu menjaga kesehatan.

Baca juga : Disuntik Vaksin AstraZeneca, Sandi: Alhamdulillah, Nggak Ada Keluhan

“Buat para nakes, saya titip tidak perlu khawatir, duitnya tidak akan ditarik kembali tetap konsentrasi kerja dan semoga sehat selalu,” ujar BGS.

Seperti diketahui, pembayaran insentif nakes sejak Januari hingga Agustus 2021 terjadi kekeliruan. Ada sekitar 8.961 nakes yang tercatat mendapatkan insentif dobel dengan nominal uang yang berbeda-beda. Atas kejadian ini, Kemenkes sempat membuat imbauan kepada para nakes yang menerima transfer dobel untuk mengembalikannya. Namun, akhirnya Kemenkes membatalkan rencana tersebut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.