Dark/Light Mode

Gantikan Presiden Yang Sedang Di Luar Negeri

Ma’ruf Pamer Rapat Dengan 3 Jenderal

Selasa, 2 November 2021 07:50 WIB
Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin memimpin rapat percepatan pembangunan di Papua, di Jakarta, Senin (1/11/2021). Peserta rapat itu: Menko Polhukam Mahfud MD, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Kepala BIN Jenderal (Purn) Budi Gunawan. (Foto: Instagram @kyai_marufamin)
Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin memimpin rapat percepatan pembangunan di Papua, di Jakarta, Senin (1/11/2021). Peserta rapat itu: Menko Polhukam Mahfud MD, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Kepala BIN Jenderal (Purn) Budi Gunawan. (Foto: Instagram @kyai_marufamin)

RM.id  Rakyat Merdeka - Selama Presiden Jokowi berada di luar negeri, urusan pemerintahan di dalam negeri dikomando oleh Wakil Presiden, Ma’ruf Amin. Berbagai rapat kenegaraan dipimpin langsung Ma’ruf. Ma’ruf yang juga aktif bermain medsos, memamerkan rapat-rapat tersebut, di akun Instagramnya, kemarin. Salah satu yang dipamerkan itu saat dirinya memimpin rapat bersama Menko Polhukam Mahfud MD, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal (Purn) Budi Gunawan.

Setelah melepas keberangkatan Jokowi ke Italia, Jumat (29/10), di Bandara Soekarno Hatta, Ma’ruf langsung gesit. Ma’ruf terpantau langsung membuka acara Silaturrahim Kerja Nasional (Silaknas) Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) 2021.

Cukup lama juga kata sambutan Ma’ruf yang disampaikan secara virtual, dari kediaman dinasnya itu. Karena semangatnya, durasi lebih dari 8 menit nyaris tak terasa.

Baca juga : Mahasiswa Indonesia Di Luar Negeri Harus Tampilkan Citra Positif

Banyak hal penting yang disampaikan Ma’ruf. Salah satunya, ia memberi kunci berhasilnya percepatan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah yang kini terus berkembang pesat. “(Kuncinya) ada pada sinergi dan kolaborasi yang terpadu antarlembaga ataupun organisasi,” pesan Ma’ruf.

Di akhir pekan, Sabtu (30/10) Ma’ruf tak libur. Ia terpantau meresmikan Masjid As-Sa’adah di Kompleks Villa Aufia, Kp. Pondok Caringin RT 02 RW 04, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Peresmian ini dilakukan secara virtual dari kediamannya.

Minggu (31/10) juga tidak libur. Mantan bos MUI ini ikut hadir secara virtual memberi sambutan di acara Penutupan Mahasabha XII Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Tahun 2021.

Baca juga : Negeri Kanguru Izinkan Warganya Ke Indonesia

Kemarin, agenda yang dilakukan eks Rais Aam PBNU ini lebih banyak lagi. Ia harus memimpin rapat-rapat dengan agenda yang berat. Yakni, soal kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan rapat dengan para jenderal membahas Papua.

Soal PPKM, ada sejumlah keputusan penting yang diambil Ma’ruf Cs. Salah satunya yang paling mengejutkan adalah tes PCR untuk transportasi udara dihapus. Ma’ruf juga mengingatkan antisipasi terjadinya lonjakan kasus di gelombang ketiga yang diprediksi akan terjadi setelah libur Natal dan Tahun Baru.

“Ini sebentar lagi kita akan memasuki adanya peningkatan mobilitas yang cukup tinggi, bahkan sebelum libur Natal dan Tahun Baru. Perlu meningkatkan kewaspadaan kita,” Ma’ruf mengingatkan.

Baca juga : 17 Menteri Parpol Jangan Hilang Fokus

Wartawan yang ngepos di Istana Kepresidenan Jakarta ikut memantau secara virtual hasil ratas yang dikomandoi Ma’ruf ini. Hasilnya, dipaparkan dalam konferensi pers oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy dan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.