Dark/Light Mode

Gantikan Presiden Yang Sedang Di Luar Negeri

Ma’ruf Pamer Rapat Dengan 3 Jenderal

Selasa, 2 November 2021 07:50 WIB
Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin memimpin rapat percepatan pembangunan di Papua, di Jakarta, Senin (1/11/2021). Peserta rapat itu: Menko Polhukam Mahfud MD, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Kepala BIN Jenderal (Purn) Budi Gunawan. (Foto: Instagram @kyai_marufamin)
Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin memimpin rapat percepatan pembangunan di Papua, di Jakarta, Senin (1/11/2021). Peserta rapat itu: Menko Polhukam Mahfud MD, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Kepala BIN Jenderal (Purn) Budi Gunawan. (Foto: Instagram @kyai_marufamin)

 Sebelumnya 
Rapat PPKM kelar, Ma’ruf kemudian beralih membahas Papua. Kali ini, rapat digelar di kediaman Istana Wapres, Jakarta. Hadir dalam rapat tersebut, Menko Polhukam Mahfud MD dan 3 jenderal. Yakni, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Hadi Tjahjanto dan Kepala BIN Budi Gunawan.

Selain Mahfud dan 3 Jenderal, rapat juga dihadiri Plt. Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Staf Khusus Wapres Bambang Widianto dan Masduki Baidlowi.

Suasana saat rapat Papua ini dipamerkan Ma’ruf di akun Instagram miliknya, kemarin. Dalam foto yang diunggahnya, Ma’ruf duduk didampingi Ahmad Erani Yustika, Bambang Widianto dan Masduki Baidlowi. Di hadapannya, duduk Mahfud, sejajar dengan 3 jenderal.

Baca juga : Mahasiswa Indonesia Di Luar Negeri Harus Tampilkan Citra Positif

Usai menggelar rapat, Ma’ruf kemudian menggelar konfrensi pers. Mahfud dan 3 jenderal ikut mendampingi Wapres dengan berdiri di bagian belakang.

Dalam konfrensi pers tersebut, Ma’ruf memastikan kondisi di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua yang sempat mencekam akibat aksi para terorirs Papua, sudah aman terkendali. “Situasi di Papua, khususnya di daerah Sugapa, sudah dalam keadaan aman terkendali dan kondusif,” kata Ma’ruf.

Ma’ruf berharap seluruh masyarakat Papua tetap tenang. Ia turut memastikan bahwa pemerintah akan hadir dengan sebaik-baiknya berdasarkan konstitusi untuk menangani berbagai masalah keamanan di Papua.

Baca juga : Negeri Kanguru Izinkan Warganya Ke Indonesia

“Pemerintah menangani dengan sebaik-baiknya sesuai dengan fungsi konstitusional yang mewakili kehadiran negara yang sudah dilakukan penanganan yang sangat baik,” ungkap Ma’ruf. “TNI, Polri, BIN akan terus melakukan tugasnya untuk melindungi warga sipil dan melakukan penegakan hukum dan keamanan kepada para perusuh,” tambahnya.

Ma’ruf juga menginstruksikan kepada jajaran Kementerian Sosial dan Kementerian Kesehatan untuk cepat membantu para pengungsi di Papua. Pihak kepolisian sebelumnya mencatat terdapat ribuan orang mengungsi ke sejumlah titik di Papua, setelah rentetan kontak senjata pecah pada Jumat (29/10).

“Mengenai kesehatan, mengenai sosialnya, mengenai dapur umumnya. Kami mohon Kementerian Sosial dan Kementerian Kesehatan segera mengambil langkah,” kata dia. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.