Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pulang Dari Luar Negeri Langsung Karantina 3 Hari

Jokowi Uswatun Hanasah

Sabtu, 6 November 2021 06:44 WIB
Presiden Jokowi tiba di Bandara Soekarno-Hatta, menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan
motif khusus: merah-putih, kemarin pagi, setelah melakukan kunjungan kerja ke Italia, Inggris Raya dan Uni Emirat Arab.
Jokowi tak minta disambut karena langsung melakukan karantina di Istana Bogor.
Presiden Jokowi tiba di Bandara Soekarno-Hatta, menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan motif khusus: merah-putih, kemarin pagi, setelah melakukan kunjungan kerja ke Italia, Inggris Raya dan Uni Emirat Arab. Jokowi tak minta disambut karena langsung melakukan karantina di Istana Bogor.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kemarin, Presiden Jokowi sudah kembali ke Tanah Air setelah melakukan kunjungan kerja di tiga negara. Sesuai aturan protokol kesehatan, Jokowi langsung melakukan karantina selama 3 hari. Patuh dengan aturan, Jokowi dianggap uswatun hasanah atau teladan yang baik.

Jokowi tiba di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten, sekitar pukul 08.30 WIB, menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan motif khusus: merah putih. Tidak seperti biasanya, kedatangan Jokowi di Bandara kali ini, tidak dijemput oleh satupun pejabat negara.

Hanya ada karpet merah yang digelar persis di bawah tangga pesawat. Sementara di pinggiran karpet merah, Jokowi hanya disambut oleh kru pesawat yang ditumpanginya, yakni pilot dan pramugari.

Baca juga : Pulang Dari Dubai, Jokowi Langsung Karantina 3 Hari Di Istana Bogor

Di media sosial miliknya, Jokowi langsung memberi kabar kedatangannya di Tanah Air. “Seusai lawatan kerja sepekan di luar negeri, saya pulang dan tiba di Tanah Air, pagi ini. Sesuai dengan aturan protokol kesehatan perjalanan internasional yang berlaku, maka mulai hari ini, saya menjalani karantina mandiri selama 3x24 jam di kompleks Istana Bogor,” cuit Jokowi di akun Twitter @jokowi, kemarin.

Untuk diketahui, selama 1 pekan kemarin, Jokowi melakukan kunjungan ke tiga negara: Italia, Inggris Raya dan Uni Emirat Arab (UEA). Dalam menjalankan tugas negara itu, Jokowi didampingi sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju. Yakni, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Kemaritiman dan Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Luar Negara Retno Marsudi dan Menteri BUMN Erick Thohir. Investasi Luhut Binsar Pandjaitan,

Di Roma, Italia, presiden menghadiri KTT G20. Lalu, ke Glasgow, Skotlandia, Inggris Raya dalam rangka KTT Pimpinan Dunia COP26. Terakhir, Jokowi melakukan kunjungan bilateral ke Uni Emirat Arab.

Baca juga : Netizen Tanya, Karantina 3 Hari Kecepetan Nggak Ya?

Terkait kenapa tidak ada pejabat yang menyambut Jokowi di bandara, Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono kasih penjelasan. Kata dia, memang Jokowi sendiri yang meminta tidak satupun pejabat yang menjemputnya di bandara.

“Bapak Presiden meminta kepada kami agar tidak perlu ada penjemputan. Karena setibanya di Tanah Air, Bapak Presiden akan langsung melaksanakan karantina mandiri di Istana Kepresidenan Bogor dengan perangkat melekat," kata Heru, kemarin.

Ia menambahkan, selama menjalani karantina, Presiden akan tinggal terpisah dari keluarganya yang ada di Wisma Bayurini, sesuai dengan prosedur tempat karantina.

Baca juga : Patuhi Dong, Jangan Bawa Virus!

Terkait lokasi karantina, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Ganip Warsito beri penjelasan. Kata dia, sesuai aturan yang tercantum dalam Surat Edaran Nomor 20 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), siapa pun harus melakukan karantina usai pulang dari luar negeri. Namun, lokasi karantina, ada diskresi bagi pejabat setingkat menteri.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.