Dewan Pers

Dark/Light Mode

Lewati Target WHO

Keren, 200 Juta Orang Sudah Divaksin Covid

Minggu, 7 Nopember 2021 07:56 WIB
Ilustrasi. Suasana sentra vaksinasi IPSM Nasional, Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (16/9/21). (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Ilustrasi. Suasana sentra vaksinasi IPSM Nasional, Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (16/9/21). (Foto: Dwi Pambudo/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kerja keras Indonesia memenangkan perang melawan Corona, makin hari makin menggembirakan. Kasus aktif yang terus melandai, membuat banyak daerah masuk PPKM level 1. Yang kerennya lagi, capaian vaksinasi saat ini sudah melebihi target yang ditetapkan WHO, yakni sudah lebih 200 juta vaksin.

Menurut Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, Reisa Broto Asmoro, hingga pukul 12 siang kemarin, cakupan vaksinasi Covid-19 di Indonesia telah menembus angka 200 juta dosis lebih. “Indonesia sudah mencatat 204.913.735 suntikan dosis yang diberikan kepada lebih dari setengah sasaran vaksinasinya,” jelas Reisa, dalam siaran persnya, kemarin.

Berita Terkait : Pegadaian Targetkan Karyawan Disabilitas Capai 307 Orang Di 2024

Suntikan vaksin sebanyak itu juga termasuk dari upaya kemitraan pemerintah dan swasta, yakni dalam bentuk Vaksin Gotong Royong. Per 5 November 2021, jumlahnya mencapai 2,2 juta suntikan.

Jika merujuk data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), program vaksinasi pemerintah sudah mencapai sekitar 40 persen untuk kategori lengkap dan 60 persen untuk dosis pertama.

Berita Terkait : Anak Buah Eks Bupati Lamteng Akui Serahkan Uang Rp 200 Juta Ke Orang Dekat Azis Syamsuddin

“Tekad WHO adalah memvaksinasi, minimal satu dosis, sekurang-kurangnya 40 persen warga di setiap negara di dunia di akhir tahun ini, dan 70 persen di tahun depan,” sambungnya.

Itu artinya, capaian Indonesia sudah melampaui target yang telah ditetapkan WHO. Indonesia juga tengah berada dalam arah yang sesuai menuju milestone selanjutnya.

Berita Terkait : Sempat Ketemu Biden, Jubir Gedung Putih Positif Covid

Capaian tersebut juga membawa Indonesia ke dalam lima negara dengan jumlah suntikan tertinggi bersama India, Amerika Serikat, Brazil, dan Jepang. Sekaligus berkontribusi dalam memvaksinasi hampir setengah penduduk dunia.

Menurut Reisa, capaian tersebut merupakan hasil kerja keras seluruh komponen bangsa Indonesia. “Kita semua punya peran yang kita sumbangkan tanpa terkecuali, terima kasih untuk semua rakyat Indonesia yang luar biasa,” ucapnya.
 Selanjutnya