Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bisa Lewati Libur Nataru Dengan Mulus

Januari 2022, Kita Sudah Masuk Endemi Covid-19

Rabu, 20 Oktober 2021 07:20 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Antara)
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah menyiapkan langkah strategis mengatasi gelombang ketiga Covid-19. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memperkirakan, pandemi Covid-19 di Indonesia bisa segera berubah menjadi endemi tahun depan.

Tapi Luhut mengingatkan, itu bisa terjadi jika Indonesia bisa melewati libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) dengan baik.

“Kalau kita bisa melampaui Nataru, Januari saya pikir sudah masuk pada endemi,” ujarnya, kemarin.

Baca juga : Nih, 7 Pintu Masuk Indonesia

Tak hanya itu, prediksi ini juga diperkuat karena kemungkinan obat antivirus untuk Covid-19 seperti Molnupiravir, akan segera tersedia.

Menurut Luhut, Presiden Jokowi menekankan kepada jajarannya, termasuk dirinya, untuk betul-betul berhati-hati menyiapkan seluruh langkah mitigasi apabila terjadi gelombang ketiga akibat libur Nataru.

“Karena itu, kami akan melakukan beberapa rapat terkait ini, terutama mendorong penggunaan PeduliLindungi dan vaksinasi,” imbuhnya.

Baca juga : Hadapi Libur Nataru, Pemerintah Godok Kebijakan Mobilitas Masyarakat

Saat ini, pemerintah tengah mendiskusikan Molnupiravir buatan Merck. Selain itu, saat ini juga terdapat obat Prosultiamine yang juga sedang dalam tahap uji coba klinis di Indonesia.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengakui, pemerintah tengah gencar mencari obat Covid-19 hingga ke Amerika Serikat (AS). Upaya itu diyakini mempercepat Indonesia keluar dari pandemi Covid-19.

“Kalau kita sudah melengkapi vaksin dengan obat-obatan, diharapkan transisi dari pandemi ke endemi bisa lebih cepat,” tuturnya.

Baca juga : DKI Telusuri Siswa Terpapar Covid-19

Menurut dia, banyak perkembangan jenis obat Covid-19 baru yang menjanjikan. Saat ini, pemerintah juga tengah melakukan uji klinis beberapa obat-obatan. Terutama, yang masuk kategori monoclonal antibody, bamlanivimab dan etesevimab.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.