Dark/Light Mode

Kawal PTM Terbatas

UKS Bisa Jadi Satgas Covid-19 Di Sekolah...

Minggu, 7 November 2021 07:20 WIB
Sejumlah pelajar mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dengan menerapkan protokol kesehatan. (Foto: Putu Wahyu Rama/RM)
Sejumlah pelajar mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dengan menerapkan protokol kesehatan. (Foto: Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perilaku hidup sehat dan bersih siswa harus ditingkatkan sebagai salah satu cara melawan virus Corona. Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di masa pandemi Covid-19 perlu dioptimalkan untuk menjadi bagian dari Satgas Covid-19 tingkat sekolah.

Direktur Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Sri Wahyuningsih mengatakan, UKS harus menjadi tempat edukasi kepada anak-anak untuk membangun perilaku hidup bersih dan sehat sejak dini.

Baca juga : Kolaborasi PTK Dan TYT, Berbagi Bantuan Pemulihan Dampak Covid-19

“Saya berharap UKS tidak menjadi sebatas label saja di sekolah, tetapi UKS betul-betul berperan memberikan layanan pendidikan, layanan kesehatan kepada anak-anak kita, serta melakukan pembinaan kepada lingkungan sekolah,” imbau Sri, saat konferensi pers virtual, kemarin.

Dia menjelaskan, anak-anak, terutama jenjang sekolah dasar, perlu dipersiapkan untuk bisa beradaptasi dengan kondisi pandemi Covid-19. Untuk itu, pemerintah telah berupaya menerapkan protokol kesehatan (prokes) di sekolah, dengan menerbitkan Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Panduan itu dapat diunduh melalui laman resmi Kemendikbudristek.

Baca juga : Sebaiknya Kita Waspada...

Selain itu, kementerian pimpinan Nadiem Makarim itu juga selalu menyelenggarakan koordinasi. Salah satunya, dengan webinar. Yang dibahas, soal perilaku hidup bersih dan sehat melalui aktivitas beragam yang harus dikawal di lingkungan sekolah kepada anak-anak, agar semua bisa terliterasi.

Upaya lain yang dilakukan untuk menerapkan protokol kesehatan di sekolah adalah dengan melakukan kampanye melalui konten-konten edukatif di media sosial (medsos). Sri mengajak semua masyarakat untuk saling mengedukasi melalui saluran itu. Dengan begitu, upaya literasi kepada anak-anak dapat terpantau dengan baik.

Baca juga : Ternyata, Ini Kunci Indonesia Bisa Tangani Covid-19 Dengan Baik

“Untuk UKS, mari kita bangun konten-konten positif melalui kegiatan sekolah dan kita sebarkan melalui media sosial. Semoga melalui upaya-upaya tersebut kita semua saling berkampanye untuk hidup sehat sejak dini,” ajak Sri.

Dia berharap, semua orang dapat menciptakan kondisi yang nyaman di manapun anak-anak berada. Dengan begitu, anak-anak dapat mengekspresikan apapun yang mereka rasakan. Diingatkan Sri, pandemi Covid-19 telah membuat anak-anak terjebak jenuh karena nihil aktivitas dan kurang gerak lantaran kebijakan belajar dari rumah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.