Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Alumni HI UI Bentuk Organisasi, Bertho Jadi Ketum, Arif Ketua Dewan Penasihat

Selasa, 9 November 2021 12:35 WIB
Musyawarah Umum Alumni Departemen Ilmu Hubungan Internasional UI, yang digelar Sabtu (6/11). (Foto: Istimewa)
Musyawarah Umum Alumni Departemen Ilmu Hubungan Internasional UI, yang digelar Sabtu (6/11). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Alumni Departemen Ilmu Hubungan Internasional  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (HI FISIP UI) resmi membentuk ikatan alumni dengan nama Ikatan Alumni Departemen Ilmu Hubungan Internasional FISIP UI atau disingkat ILUNI HI UI. Organisasi ini dibentuk melalui Musyawarah Umum Alumni Departemen Ilmu Hubungan Internasional UI, yang digelar Sabtu (6/11).

Ketua Panita Penyelenggara Musyawarah Umum Ardhitya Eduard Yeremia berharap, organisasi ini mampu menjadi wadah bagi para anggota untuk berjejaring, berbagi dan mengembangkan diri, serta berkontribusi pada kemajuan almamater, masyarakat, bangsa dan negara. "Keberadaan organisasi tersebut juga memungkinkan seluruh penyelenggaraan kegiatan Alumni Departemen HI FISIP UI menjadi lebih akuntabel,” katanya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Selasa (9/11).

Pada 2021 ini, lanjut Ardhitya, Departemen HI genap 36 tahun. HI UI telah menghasilkan tidak kurang 2.000 alumni, baik dari jenjang pendidikan sarjana, maupun pascasarjana, yang berkiprah di berbagai sektor kehidupan serta mengabdikan diri bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

Baca juga : Bertho Darmo Poedjo Asmanto Jadi Ketum Pertama, Arif Mujahidin Ketua Dewan Penasihat

Meski sebelumnya tidak ada organisasi resmi, berbagai kegiatan telah diselenggarakan untuk membina rasa kebersamaan dan kekeluargaan di antara sesama alumni HI. Peran alumni dalam perayaan HUT ke-30 dan ke-35 HI menjadi saksi mulai terbangunnya rasa kebersamaan dan kekeluargaan tersebut.

"Hal ini yang kemudian diwujudkan dalam usaha-usaha untuk terus membina hubungan yang baik dengan almamater dan segenap unsur sivitas akademika, baik dalam kapasitas pribadi, maupun kelompok-kelompok angkatan,” lanjut Ardhitya.

Melihat semakin intensifnya interaksi antar alumni HI lintas angkatan dan lintas jenjang pendidikan selama 10 tahun terakhir, tercetuslah ide untuk membentuk suatu organisasi yang mewadahi kegiatan-kegiatan alumni HI. Maka, musyawarah umum pun diselenggarakan.

Baca juga : Tok! Anta Ginting Terpilih Jadi Ketum Kadin Jaktim

“Musyawarah umum yang digelar secara online itu diikuti perwakilan tiap-tiap angkatan alumni, baik dari program sarjana maupun pascasarjana,” terang alumni S1 HI FISIP UI 2006 yang juga staf pengajar tetap di Departemen Hubungan Internasional FISIP UI tersebut.

Dalam Musyawarah Umum tersebut, lanjutnya, terpilih Bertho Darmo Poedjo Asmanto sebagai Ketua Umum Ikatan Alumni HI FISIP UI 2021-2024 dan Arif Mujahidin sebagai Ketua Dewan Penasihat ILUNI HI UI. Bertho adalah Alumni HI UI Angkatan 1991 yang berkesempatan melanjutkan pendidikannya di NTU Singapura dan MIT Sloan School of Business, Boston, Amerika Serikat. Ia memiliki karier profesional yang panjang, mulai dari dosen, wartawan, praktisi PR, manajer hingga level direksi. Dia pernah sebagai Direktur Properti, Resort, Retail & Tirta di PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk, dan Direktur Umum & Keuangan di PAM Jaya.

Bertho juga pernah dipercaya sebagai Direktur Umum di Pusat Pengelolaan Kompleks Gelora Bung Karno yang mempersiapkan kompleks olahraga kebanggaan bangsa itu menyambut Asian Games 2018. Dia berhasil merevitalisasi Human Capital di GBK, menata dan memfungsikan kembali pedestrian sepanjan Jalan Asia Afrika dan Jl Gerbang Pemuda Senayan Jakarta yang selama puluhan tahun dikuasai para pedagang tanaman, serta bersama-sama mengubah sistem perparkiran GBK sehingga bebas dari premanisme seperti sekarang ini.

Baca juga : Heru Hidayat Lapor Ke Dewan Pers

Kini Bertho adalah salah satu owner, sekaligus Direktur Operasional di PT Enerflow Engineering Indonesia, perusahaan swasta pengelolaan limbah cair dan pemegang hak paten atas Portable Oil Trap, Micro Portable Oil Trap dan Mini Turbo Incenerator penghancur limbah B3.

Sementara, Arif Mujahidin yang dipercaya menjadi Ketua Dewan Penasihat ILUNI HI UI adalah Corporate Communications Director Danone Indonesia yang kerap masuk jajaran figur humas papan atas Indonesia. Sebelumnya, Alumni HI UI Angkatan 1985 ini juga pernah bekerja di Coca-Cola Indonesia, serta menjadi wartawan di beberapa media. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.