Dark/Light Mode

KPK dan Bhayangkari Babel Ajak Organisasi Perempuan Lawan Korupsi

Rabu, 28 Juli 2021 19:51 WIB
KPK menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Online pemberantasan korupsi untuk beberapa Organisasi Perempuan. (Foto: Humas KPK)
KPK menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Online pemberantasan korupsi untuk beberapa Organisasi Perempuan. (Foto: Humas KPK)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Kedeputian Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Online pemberantasan korupsi untuk beberapa Organisasi Perempuan.

Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar turut hadir di antara 898 orang peserta yang mengikuti kegiatan secara daring ini pada Rabu (28/7).

"Semoga peserta mendapatkan pemahaman yang cukup terkait peran serta masyarakat, khususnya peran serta perempuan dalam upaya pemberantasan tindak pidana korupsi," ujar Lili saat memberikan sambutan. 

Baca juga : Bamsoet Dorong Optimalisasi Penyerapan Anggaran PEN

Eks Wakil Ketua LPSK itu berharap, peserta dapat berperan aktif menyebarkan nilai-nilai antikorupsi hingga berani melaporkan indikasi tipikor yang ada di sekitarnya.

Hal ini untuk menjawab tantangan yang dihadapi sebagai seorang perempuan, ibu, sekaligus pejabat pemerintah, untuk tetap bersikap antikorupsi.

"KPK berharap di dalam rumah setiap keluarga Indonesia, ada satu orang yang bisa menjelaskan apa itu korupsi dan apa bahaya korupsi, sehingga ia bisa mencegah perbuatan koruptif setidaknya di dalam keluarganya. Dengan demikian, kita bisa stop produksi koruptor dari rumah," tegasnya.

Baca juga : Kadin Dan TNI-Polri Deklarasikan Perang Lawan Pandemi

Psikolog Joice Manurung yang juga hadir sebagai narasumber menyampaikan, setiap perempuan memiliki peran dalam upaya pemberantasan korupsi dengan prinsip SMART, yaitu Sensitive, Mature, Attitude, Responsible, Trustworthy.

Kegiatan yang merupakan kolaborasi antara KPK dengan Bhayangkari Daerah Kepulauan Bangka Belitung ini dibuka Wakapolda Kepulauan Bangka Belitung Brigjen Umardani dan Ketua Bhayangkari Daerah Kepulauan Bangka Belitung Nina Anang Syarif.

Peserta merupakan anggota beberapa kelompok organisasi perempuan, antara lain Bhayangkari, PKK, Jalasenastri, PERSIT Kartika Chandra Kirana, PIA Ardhya Garini, Badan Kerja sama Organisasi Wanita (BKOW), dan Polisi Wanita Kepulauan Bangka Belitung.

Baca juga : Lindungi Peternak, Kementan Upayakan Stabilisasi Perunggasan Nasional

Menutup kegiatan, Direktur Pembinaan Peran Serta Masyarakat Kumbul Kusdwijanto Sudjadi mengingatkan pentingnya untuk selalu bersyukur.

Menurutnya, sebagai seorang istri selain harus selalu bersyukur juga diharapkan dapat menjaga suaminya dengan selalu mengingatkan kepada suaminya untuk tidak melakukan korupsi.

"Hindari perbuatan-perbuatan yang mendorong atau menyebabkan para suami melakukan korupsi karena desakan istri dengan berbagai alasan. Hindari juga perbuatan-perbuatan yang akan menimbulkan konflik kepentingan dan juga hindari gratifikasi," pesan Kumbul. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.