Dark/Light Mode

Pemuda Kalimantan Utara Ini Wakili Indonesia Di Forum Dunia Untuk Demokrasi

Sabtu, 13 Nopember 2021 10:25 WIB
Halim Pratama di  Forum Dunia untuk Demokrasi yang digelar di Palace of Europe, Strasbourg, Prancis. (Foto: Dok Pribadi)
Halim Pratama di Forum Dunia untuk Demokrasi yang digelar di Palace of Europe, Strasbourg, Prancis. (Foto: Dok Pribadi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Halim Pratama, pemuda asal Malinau, Kalimantan Utara (Kaltara), terpilih sebagai salah satu dari 40 delegasi pemuda dunia pada helatan Forum Dunia untuk Demokrasi yang diselenggarakan di Palace of Europe, Strasbourg, Prancis.

Setelah mengikuti proses seleksi ketat sejak tahun 2020, Halim dan 39 profesional muda lainnya yang terpilih mewakili negaranya masing-masing dapat duduk bersama dengan pemangku kebijakan publik dari berbagai belahan dunia dan lintas sektor.

Berita Terkait : Indonesia Komit Bantu Pelaku UMKM Perempuan

Forum ini diselenggarakan selama tiga hari, 8-10 November 2021 dan diselenggarakan setiap tahun. Dalam perhelatannya, forum ini membuka kesempatan kepada pemimpin muda untuk ikut andil dalam diskusi tingkat internasional.

Untuk dapat terpilih, proses panjang dilalui setiap kandidat agar dapat menjadi delegasi pemuda. Proses dimulai dengan seleksi tertulis, wawancara, sampai persiapan materi baik secara online maupun training langsung yang dilaksanakan beberapa hari di Strasbourg sebelum forum dimulai.

Berita Terkait : Perkuat Rantai Pasok, Borong Indonesia Gelar Borong BizWeek

Di hari pertamanya, Halim mendapatkan kesempatan berinteraksi langsung dengan beberapa menteri dan eks menteri dari beberapa negara.

“Selain bertemu dengan teman-teman pemuda lainnya, berdialog langsung dengan politisi, gubernur, walikota, pimpinan perusahaan dan organisasi nirlaba dari berbagai belahan dunia sangat memperkaya pengalaman di Forum ini," ujar Halim, Jumat (12/11).
 Selanjutnya