Dark/Light Mode

Cemas Nunggu Pengumuman CPNS

Rabu, 18 Desember 2019 07:00 WIB
Ngopi - Cemas Nunggu Pengumuman CPNS
Catatan :
Redaktur

RM.id  Rakyat Merdeka - Tahun ini pemerintah kembali membuka pendaftaran CPNS. Seperti tahun-tahun sebelumnya, banyak orang yang berbondong-bodong daftar.

Sedari awal, mereka sibuk melengkapi persyaratan yang diminta. Kantor Polisi pun tiba-tiba dipenuhi pengunjung. Warga membludak membuat SKCK, yang memang menjadi syarat wajib mendaftar sebagai CPNS.

Begitu juga dengan perguruan tinggi. Para alumni tiba-tiba jadi rajin mengunjungi kampusnya. Mereka datang untuk melegalisir ijazah, transkip nilai, atau meminta bukti akreditasi kampus dari BAN PT.

Baca juga : Taspen Borong Penghargaan Digital

Sekarang, pendaftaran CPNS tinggal pengumuman. Para pendaftar pun harap-harap cemas dengan hasilnya. Pasalnya, meski sukses mendaftar dengan menyertakan berkas-berkas yang dipersyaratkan, belum tentu bisa lulus seleksi administrasi. Herlina, seorang teman saya, termasuk yang cemas menunggu pengumumannya.

Dua kali ketemu dalam dua minggu belakangan, dia selalu saja menyinggung soal pendaftaran CPNS. Wajar aja sih, mengingat syarat mendaftar CPNS yang harus dipenuhi memang kadang-kadang agak keterlaluan. Contohnya, dia diminta untuk menyertakan surat keterangan bebas narkoba. Akhirnya dia pun harus buat surat keterangan tersebut di RS pemerintah, yang ternyata harus bayar dengan harga mencapai ratusan ribu.

Syarat lainnya adalah dia diminta untuk menyertakan TOEFL. Akhirnya, dia pun membuat TOEFL tanpa melalui tes di sebuah lembaga dengan biaya Rp 350 ribu.

Baca juga : Ada Apa Dengan TNI?

Untungnya, syarat yang agak berat cuma itu. Sebab, ada instansi yang minta supaya setelah mendaftar secara online, berkas harus dikirimkan secara langsung ke tempat instansi tersebut berada, sebelum batas waktu pendaftaran online selesai.

Padahal, banyak orang yang mendaftar ke instansi di daerah, agar peluang kelulusannya lebih baik. Artinya, selain batas waktunya sempit untuk menyelesaikan semua syarat yang di butuhkan, dia harus keluar biaya transportasi ekstra.

Itu baru tiga contoh syarat yang harus dipenuhi dengan biaya besar. Biaya lain untuk mengurus syarat lainnya belum dihitung, dan begitu juga dengan waktu yang terbuang untuk mengurus semua persyaratannya.

Baca juga : INACA Dukung Program Pembangunan Bali Baru

Jadi, pantas saja Herlina, dan mungkin banyak pelamar CPNS lainnya, cemas menunggu pengumumannya. Karena, meski sudah melakukan semua itu, tidak ada jaminan lolos seleksi administrasi. [NANDA PRANANDA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.