Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Panja Saja Tidak Cukup

F-NasDem Yakin Pansus Bisa Selesaikan Persoalan Garuda

Jumat, 3 Desember 2021 07:00 WIB
Wakil Ketua Komisi VI DPR dari Fraksi NasDem Martin Manurung. (Foto: Dok. DPR RI)
Wakil Ketua Komisi VI DPR dari Fraksi NasDem Martin Manurung. (Foto: Dok. DPR RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Fraksi Partai NasDem mendorong DPR membentuk Panitia Khusus (Pansus) Garuda Indonesia untuk mengurai permasalahan yang dihadapi maskapai penerbangan pelat merah itu. Investigasi menyeluruh ini diperlukan agar tidak menduga-duga apa yang sedang terjadi di PT Garuda.

Wakil Ketua Komisi VI DPR dari Fraksi NasDem Martin Manurung mengungkapkan, usulan pembentukan Pansus Garuda mengemuka dalam Focus Group Discussion (FGD) bertajuk Garuda Bentangkan Sayap Rapuh di Atas Kepulauan Nusantara dan Dunia. Acara digelar Fraksi Nasdem di gedung DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, kemarin.

Menurut dia, anggota Fraksi Partai NasDem di Komisi telah mendorong pembentukan pansus agar permasalahan Garuda diselesaikan secara tuntas.

Baca juga : Siti Fauziah: Teknologi Tak Bisa Gantikan Peran Guru

“Persoalan yang dihadapi Garuda sangat serius. Ini perlu penyelesaian secara komprehensif, tidak parsial,” tegas Martin.

Martin menguraikan, dengan utang sebesar Rp 138,5 triliun, ekuitas minus 2,8 juta dolar AS atau setara Rp 40,2 triliun, dan tambahan ekuitas negatif sebesar Rp 1,5 sampai Rp 2 triliun per bulan, secara teknis Garuda sudah bangkrut.

Masalah tersebut kian rumit lantaran sebagian besar utang Garuda, sekitar 66 persen atau Rp 90,2 triliun berkaitan dengan sejumlah lessor asing.

Baca juga : Kilang Cilacap Kebakaran, Pertamina Pastikan Produksi Jalan Terus

“Pada Maret 2021 kami rapat dengan Direksi Garuda, Pak Dirut mengatakan on going cost-nya sebesar Rp 1 triliun setiap bulan. Itu keadaan Garuda sekarang. Sehingga, tidak perlu orang pintar untuk mengetahui bahwa Garuda sudah bangkrut secara teknis,” ujar Martin.

Komisi VI DPR, sambung dia, sudah membentuk Panitia Kerja (Panja) untuk mengusut permasalahan Garuda.

“Kami menyadari, Komisi hanya bisa membentuk panja, sedangkan pansus merupakan domain atau kewenangan DPR. Fraksi Partai NasDem DPR meyakini, pansus merupakan alat yang paling tepat untuk menyelesaikan masalah yang melilit Garuda,” cetusnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.