Dark/Light Mode

RI Dinyatakan Lewati Krisis Pandemi

Ancaman Covid Masih Nyata, Tetap Jaga Prokes Dan Vaksinasi

Senin, 13 Desember 2021 07:15 WIB
Anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo. (Foto: Dok. DPR RI)
Anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo. (Foto: Dok. DPR RI)

 Sebelumnya 
Taruna menilai, pandemi Covid-19 ini memberikan pelajaran akan pentingnya regulasi kesehatan yang terkoordinasi, tidak hanya antar instansi tapi juga secara global. Meskipun sudah ada kerja sama regional antar negara, namun belum ada regulasi pertukaran teknologi dan tenaga ahli untuk bekerja di tingkat global, misalnya dalam hal izin dokter di bidang telemedicine.

Karena itu, harus ada lembaga seperti lembaga Konsil Kedokteran Dunia (International Association of Medical Regulatory Authorities/IAMRA) untuk berkontribusi besar dalam menghadapi pandemi global ini. Taruna sendiri baru-baru ini terpilih secara aklamasi menjadi Direktur IAMRA Periode 2021-2024.

Baca juga : Waspada Varian Omicron, Ketua MCCC: Patuhi Prokes Dan Vaksinasi

“Badan IAMRA dengan jaringan dan kewenangannya mengatur tenaga kesehatan khususnya dokter tentunya memiliki peran besar dalam menekan kasus positif Covid-19 di masa pandemi ini,” jelas Taruna.

Sebelumnya, Ketua Terpilih Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Adib Khumaidi menilai Indonesia sudah melalui masa krisis pandemi Covid-19. Hal ini disebut karena kasus Covid-19 harian di Indonesia telah mengalami penurunan signifikan dalam beberapa bulan terakhir.

Baca juga : Terus Jaga Diri, Optimis Keadaan Makin Membaik

Penilaian itu juga ia bandingkan dengan kondisi Covid-19 sebelumnya yang sempat mencetak rekor tertinggi yang terjadi pada 15 Juli dengan 56.757 kasus, yang notabenenya merupakan jumlah penambahan tertinggi selama pandemi di Indonesia.

“Kita sudah keluar dari krisis, mudah-mudahan kita tidak kembali pada krisis. Tinggal yang harus kita siapkan adalah adaptive recovery dan resiliensi dari sistem kesehatan,” kata Adib dalam acara daring yang disiarkan melalui kanal YouTube ILUNI FKUI, kemarin. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.