Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Wujudkan Kesejahteraan Bangsa

Cak Imin: Selain Infrastruktur Perbesar Juga Investasi SDM

Sabtu, 5 Maret 2022 07:55 WIB
Wakil Ketua DPR Abdul Muhaimin Iskandar. (Foto: Twitter @cakimiNOW)
Wakil Ketua DPR Abdul Muhaimin Iskandar. (Foto: Twitter @cakimiNOW)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua DPR Abdul Muhaimin Iskandar menilai, cita-cita besar Indonesia mewujudkan kesejahteraan secara merata bisa dilakukan dengan mengoptimalkan pembangunan sains dan teknologi. Tentu, itu kudu ditopang dengan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai.

“Hanya dengan jalan merealisasikan riset, sains, teknologi dan industri ditopang dengan kualitas sumber daya manusia yang memadai, kita bisa mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan dengan cepat,” ujar Muhaimin dalam keterangannya, kemarin.

Ketua Umum DPP PKB ini berharap, investasi besar tidak hanya ditujukan ke pembangunan infrastruktur fisik, tapi juga pembangunan SDM. Hal ini yang bisa melakukan hanya Pemerintah.

Baca juga : Ingat Yaaa... Pembangunan Infrastruktur Jangan Nambah Risiko Bencana

“Pemerintah harus memberikan investasi besar kepada dua hal itu. Kalau Pak Jokowi kemarin investasi infrastruktur, (tapi) kalau ingin mengejar ketertinggalan investasi yang harusnya gede-gedean adalah SDM,” tutur pria yang akrab disapa Cak Imin ini.

Keponakan Presiden ke-IV KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini, mendorong kolaborasi antara Pemerintah Daerah, universitas dan perusahaan lokal. Kolaborasi ini untuk menciptakan sekaligus mencetak SDM profesional dan berdaya saing sesuai kebutuhan.

“Tidak zamannya lagi kita bergantung modal ilmiah dan teknologi dari pasar internasional. Hanya dengan cara itu (kolaborasi) masa depan menjadi milik kita semua,” imbuhnya.

Baca juga : Dubes Husin Bagis Sibuk Cari Lowongan Untuk Pekerja Indonesia

Selain itu, Imin melihat, masa depan Indonesia sebetulnya ada di bagian timur. Surga Indonesia terhampar luas di bagian timur, baik yang terkandung di daratan maupun lautan.

“Laut lepas menghadap samudera pasifik dan dipenuhi ikan-ikan. Kekayaan mineral yang luar biasa dan tidak ternilai harganya, serta hasil alam yang melimpah itu ada di Indonesia Timur,” kata dia.

Akan tetapi, potensi besar Indonesia Timur tidak ada harganya jika tidak ditopang dengan SDM lemah. Sebaliknya, dia menyebut potensi besar tersebut justru dinikmati oleh orang asing.

Baca juga : Kembangkan Energi Bersih, Industri Terkendala Investasi

“Mengapa demikian? Ya karena mereka menguasai sains dan teknologi,” tukasnya.

Sementara, mantan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menilai, gagasan politik kesejahteraan yang digaungkan Muhaimin sangat baik. Kesejahteraan satu temali dengan keadilan dalam mempersatukan Indonesia.

“Yang bisa mempersatukan kita adalah kesejahteraan dan keadilan. Tanpa kesejahteraan dan keadilan, persatuan kita hampir dikatakan semu,” tutup Amran. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.