Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sidang IPU Bali Komitmen Terapkan Green Agenda

Rabu, 9 Maret 2022 18:10 WIB
Bincang publik menuju IPU Assembly and Meeting ke-144 yang akan diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, 20-24 Maret 2022 lewat akun instagram @edukasiparlemen, Senin (7/3). (Foto: Istimewa)
Bincang publik menuju IPU Assembly and Meeting ke-144 yang akan diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, 20-24 Maret 2022 lewat akun instagram @edukasiparlemen, Senin (7/3). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - DPR akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Sidang dan Pertemuan Perkumpulan Parlemen Dunia alias IPU Assembly and Meeting ke-144 yang akan diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, 20-24 Maret 2022.

Kepala Biro Kerja Sama Antar Parlemen dan Organisasi Internasional Sekretariat Jenderal DPR Endah Tjahjani Dwirini Retnoastuti menjelaskan, selama empat hari pelaksanaan IPU tersebut, akan berkomitmen menerapkan agenda yang berpihak pada alam atau disebut dengan Green Agenda.  

Hal ini, menurut Endah, sejalan dengan tema IPU kali ini yaitu Getting to Zero Mobilizing Parliament to Act on Climate Change.

Baca juga : Komisi IV Beri Solusi Penertiban Kebun Sawit Ilegal

"Oleh karena sesuai tema ini juga kita akan mengadakan beberapa kegiatan terkait dengan Green Agenda," jelas Endah saat berbincang daring Menuju IPU Assembly and Meeting ke-144 yang akan diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, 20-24 Maret 2022 lewat akun Instagram @edukasiparlemen, Senin (7/3).

Misalnya, di momentum IPU ini akan mengundang aktivis sosial bernama Melati dan Isabel Wijsen atas kontribusinya yang selama enam tahun berhasil membuat gerakan mengurangi sampah plastik dunia melalui gerakan Bye-Bye Plastic Bag.

Dua kakak-beradik asal Bali itu telah aktif menggerakkan massa agar tidak menggunakan plastik sekali pakai. Mereka kini telah memiliki 50 tim yang tersebar di seluruh dunia.  

Baca juga : DPR Minta Pemerintah Transparan Soal Kenaikan Harga Minyak Dunia

"Mereka sering diundang di berbagai konferensi intrnasional. Karena itu, akan kita undang untuk wakili pemuda Indonesia untuk bicara tentang Green Agenda di IPU ini. Melati ini akan bersandingan dengan tokoh-tokoh dunia, dan itu kan sangat membanggakan untuk Indonesia," ujar Endah.  

Selain itu, selama pelaksanaan IPU tersebut, para delegasi dari berbagai negara juga akan dikurangi mobilitasnya yang dapat menghasilkan emisi karbon, seperti penggunaan bus. Sehingga, para delegasi akan didorong lebih banyak berjalan kaki untuk menikmati udara di Bali.

"Kita juga akan kurangi penggunaan kertas secara besar-besaran. Jadi kita kembangkan aplikasi yang kita namakan IPU Event App. Jadi selama sidang semua informasi tidak ada lagi kertas selama dibutuhkan, karena sudah ada di aplikasi," ujar Endah.  

Baca juga : Legislator Pertanyakan OJK Larang Perdagangan Kripto

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar mengatakan jumlah peserta yang akan hadir diperkirakan sekitar 1500 orang. Pertemuan terakhir di Madrid itu dihadiri oleh 1200 orang, terdiri dari 179 negara atau pimpinan parlemen bersama delegasinya.

"Sampai dengan tadi malam, delegasi-delegasi dari 87 negara sudah mengkonfirmasi untuk berpotensi hadir. Tentu ini berkaitan dengan bagaimana handling kita, terutama dalam pelaksanaan dan protokol kesehatan sehingga mereka make sure perjalanan dari negara masing-masing menuju Bali itu tidak terlalu rumit," jelas Indra di Bali, Rabu (2/3) lalu. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.