Dewan Pers

Dark/Light Mode

Jelang IPU Ke-144

BURT DPR: RSUP Sanglah Denpasar Tak Perlu Diragukan

Senin, 14 Maret 2022 15:15 WIB
Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR Agung Budi Santoso. (Foto: Istimewa)
Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR Agung Budi Santoso. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR Agung Budi Santoso menilai Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah Denpasar memiliki fasilitas cukup lengkap, termasuk pelayanan VVIP.

Menurutnya, untuk menghadapi sidang Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 20-24 Maret mendatang di Nusa Dua, RSUP Sanglah Denpasar tidak perlu diragukan dalam pelaksanaan program Jamkestama untuk anggota DPR.  

Berita Terkait : Puan Harap Bambang-Dhony Bangun IKN Berkeadilan

"Mendekati perhelatan IPU kita harus bersiap. Kita tidak mendoakan (Anggota) sakit, tetapi begitu ada yang sakit, rumah sakit juga harus bersiap karena selain Anggota DPR juga ada juga tamu dari beberapa negara," jelas Agung usai memimpin kunjungan kerja BURT ke Denpasar, Bali, Jumat (11/3).

Kunjungan kerja tersebut dalam rangka peninjauan pelaksanaan program Jamkestama bagi Anggota DPR beserta keluarganya.  

Berita Terkait : Gus Muhaimin Yakin Bambang Susantono Mampu Pimpin IKN

Politisi Partai Demokrat itu menerangkan, Jamkestama adalah program jaminan kesehatan bagi Anggota DPR RI beserta keluarganya yang sudah berjalan sejak tahun 2014.

Pihak Jasindo selaku operator Jamkestama, juga harus lebih sering  memberikan pemahaman dan sosialisasi program Jamkestama kepada Anggota DPR Pengganti Antar-Waktu (PAW). Termasuk menjalin komunikasi dengan para rumah sakit provider-nya.  

Berita Terkait : BKSAP Dukung Peningkatkan Kerja Sama Bilateral Indonesia-Aljazair

"Secara administrasi, RSUP Sanglah Denpasar sudah memenuhi standar. Akan tetapi pihak Jasindo harus lebih sering memberikan sosialisasi terhadap program-program, termasuk kepada anggota Pengganti Antar-Waktu, sehingga dalam hal ini tidak ada yang dirugikan. Karena kalau sudah keluar atau tidak lagi menjabat sebagai anggota DPR, otomatis tidak bisa dilayani menggunakan Jamkestama VVIP," terang Agung.  

Pemerintah telah menunjuk PT Asuransi Jasindo sebagai pihak pelaksana program jaminan pemeliharaan kesehatan untuk Anggota DPR beserta keluarga. Oleh karena itu, pelayanannya harus dikelola secara professional, terlebih Anggota DPR dari daerah pemilihan (dapil) Bali berjumlah 9 orang ditambah dengan keluarganya, maka jumlah keseluruhannya menjadi 45 orang. [FAQ]