Dark/Light Mode

Bangun IKN Butuh 15 Sampai 20 Tahun

Bamsoet: MPR Akan Perkuat Dengan PPHN

Selasa, 15 Maret 2022 07:50 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (kiri) berbincang dengan Presiden Joko Widodo saat acara penyatuan tanah dan air di IKN Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). (Foto: Istimewa)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (kiri) berbincang dengan Presiden Joko Widodo saat acara penyatuan tanah dan air di IKN Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Bambang Soesatyo mengajak seluruh elemen bangsa mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Dibutuhkan semangat kebersamaan untuk mewujudkan Ibu Kota Negara baru sesuai diamanatkan Undang-Undang (UU) Nomor 3 Tahun 2022 Tentang Ibu Kota Negara.

Saya mengapresiasi kehadiran 34 Gubernur se-Indonesia dan 15 tokoh masyarakat dari Kalimantan Timur yang berkumpul di Titik Nol Ibu Kota Negara. Ini menandakan seluruh provinsi di Indonesia mendukung pemindahan Ibu Kota Negara ke Kabupaten Penajam Paser Utara,” ujar Bamsoet, sapaan Bambang Soesatyo, usai menghadiri acara penyatuan tanah dan air di IKN oleh Presiden Joko Widodo di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, kemarin.

Baca juga : Bertemu Gubernur Lemhannas, Bamsoet Minta Masukan Terkait PPHN

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta 34 gubernur se-Indonesia melakukan prosesi melakukan penyatuan tanah dan air Nusantara di Titik Nol Ibu Kota Negara. Tanah dan air itu dibawa oleh gubernur dari provinsi masing-masing dengan memperhatikan kearifan lokal, diserahkan kepada Presiden Jokowi dan disatukan dalam Kendi Nusantara di Titik Nol IKN yang akan dijadikan wilayah Ibu Kota Negara.

Selain membawa tanah dan air, lanjut Bamsoet, para gubernur juga melakukan penanaman pohon khas wilayah masing-masing. Presiden Jokowi menanam pohon meranti merah, sedangkan Iriana menanam pohon kamper.

Baca juga : Yang Nimbun Migor, Lekas Penjarain Dong

“Penyatuan tanah, air dan penanaman pohon khas dari 34 provinsi di lokasi pembangunan Ibu Kota Nusantara melambangkan kebhinekaan dan persatuan Tanah Air. Mari kita dukung dan sukseskan sebuah cita-cita besar yang segera dimulai, yakni pembangunan Ibu Kota Nusantara,” ajak Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini.

Ia pun ikut berkemah dan bermalam di Titik Nol IKN Nusantara bersama Presiden Jokowi dan rombongan. Di antaranya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri LHK Siti Nurbaya, Menteri Bappenas Suharso Monoarfa, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe.

Baca juga : KSP: Pemindahan IKN Bukti Kita Mampu Wujudkan Perubahan

“Kami menginap menggunakan tenda sederhana yang telah disiapkan. Kegiatan berkemah dan bermalam di IKN ini, merupakan simbol awal pembangunan IKN Nusantara,” jelas Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.