Dark/Light Mode

Puan All Out Urus IPU Ke-144 Bali, Momen Strategis Tak Bakal Disia-siakan

Sabtu, 19 Maret 2022 16:42 WIB
Ketua DPR Puan Maharani (Foto: Instagram)
Ketua DPR Puan Maharani (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPR Puan Maharani terlihat begitu all out mempersiapkan sidang Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 di Bali International Convention Centre The Westin Resort, Nusa Dua, Badung, Bali, yang dihelat pada 20-24 Maret 2022.

Sejak Jumat (18/3) pagi, pemilik nama lengkap Puan Maharani Nakshatra Kusyala Devi sudah sibuk wara-wiri mengurus hajat besar Forum Parlemen Sedunia. Bersama pimpinan DPR lainnya: Sufmi Dasco Ahmad dan Lodewijk Freidrich Paulus.

Ketua DPP PDIP itu sudah tancap gas ke venue sidang IPU. Dengan outfit yang biasa, tapi tetap mempesona.

Perpaduan outer berwarna kuning kehijau-hijauan itu menemani pagi Puan di Pulau Seribu Pura. 

Setiap sudut lokasi kegiatan dimonitor. Sesekali, Puan turut mengarahkan tata letak properti yang bakal dijamah peserta.

Baca juga : Persiapan IPU Ke-144 Di Bali, Puan Dorong Pembahasan Isu Keamanan Dan Perdamaian

"Saya meninjau langsung persiapan pembukaan rapat Inter-Parliamentary Union ke-144, Jumat pagi, 18 Maret 2022 di Bali International Convention Center, Nusa Dua," kata Puan.

Sepanjang jalan di Bali, terpampang sejumlah baliho besar bergambar Puan Cs, sebagai bentuk sosialisasi hajat IPU ke-144.

Mafhum akan bergelar primadona selama lima hari, Puan getol menyapa dan beramah tamah dengan delegasi negara sahabat yang telah hadir. Apalagi, eks Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan itu akan memberikan pidato sambutan selamat datang kepada Executive Committee (Excom) IPU.

"Indonesia sebagai negara presidensi dengan bangga membuka pintu bagi kurang lebih 115 negara partisipan IPU ke-144," ucap Puan, disambut tepuk tangan peserta.

Dia tersanjung karena Indonesia diberi kesempatan menjadi tuan rumah hajatan akbar tahunan itu. "Indonesia sebagai negara Presidensi G20, dengan bangga membuka pintu bagi kurang lebih 115 negara partisipan IPU ke-144," tambahnya.

Baca juga : Puan: Pertemuan IPU Ke-144 Bahas Tantangan Global

Puan optimis, kegiatan ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat Bali. Tak cuma menunjukan tajamnya taring Indonesia di mata dunia, kegiatan ini juga sangat berpotensi mengembalikan pariwisata Bali, yang sempat ambruk dihantam pandemi Covid-19.

"Forum parlemen seluruh dunia ini akan resmi dimulai Minggu 20 Maret 2022 di Pulau Dewata. Saya optimis, selain menunjukkan kedaulatan negara, penyelenggaraan IPU ke-144 tahun ini juga menjadi awal kebangkitan pariwisata Bali," tutur perempuan pertama yang menjabat Ketua DPR itu.

Sehari setelahnya, Puan kembali menyambangi The Westin. Lagi-lagi untuk memastikan persiapan acara. Ini, merupakan hari terakhir Puan memonitor venue sebelum dia buka bersama Presiden Jokowi, Minggu (20/3) malam.

Dalam kesempatan itu, Puan ditemani Anggota Badan Kerjasama Antar-Parlemen (BKSAP) Evita Noersanty dan juga Sekjen DPR, Indra Iskandar, Puan berkeliling mengitari venue kegiatan. Jadi sorotan. Baik dari delegasi asing yang telah hadir, maupun tim yang diperintahkan Senayan untuk mempersiapkan rangkaian acara.

Di sela perjalanannya, langkah politisi berusia 48 tahun itu terhenti. Dia tertarik dengan hasil rempah-rempah yang dipajang di lobi confession hotel.

Baca juga : Buntut Kecelakaan, Dua Operator TransJakarta Disanksi

Spontan, dia memandanginya hasil pertanian berupa padi, kelapa, pala hingga jinten. Di sini, Puan sedikit memberikan masukan terkait tata letak hasil kekayaan bumi Indonesia itu.

Namun, Puan juga setia mendengarkan penjelasan Evita terkait makna hiasan yang dipamerkan. Puan masih penasaran.

Dia terus mengitari lobi confession hotel, titik penempatan tanaman hasil dari para petani Indonesia itu. Lagi-lagi, dengan senang hati, cucu Proklamator Soekarno itu mengkoreksi tata letak agar terlihat lebih elegan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.