Dark/Light Mode

Persiapan IPU Ke-144 Di Bali, Puan Dorong Pembahasan Isu Keamanan Dan Perdamaian

Jumat, 18 Maret 2022 19:01 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani. (Foto: Ist)
Ketua DPR RI Puan Maharani. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan, Parlemen Indonesia akan mengambil peran kepemimpinan memobilisasi aksi parlemen di dunia dalam Inter-Parliamentary Union (IPU) Assembly & Related Meetings ke-144 di Nusa Dua, Bali, pada 20-24 Maret mendatang. 

Pada pertemuan Executive Committee (excom) IPU, Puan juga mengusulkan agar IPU ke-144 turut membahas isu-isu yang tengah menjadi tantangan bersama. Di antaranya, masalah keamanan dan perdamaian dunia, menyusul konflik Rusia dengan Ukraina.

"Promosi perdamaian dan keamanan penting untuk menjadi perhatian bersama, dan bagaimana Parlemen berkontribusi dalam membangun kepercayaan di antara pihak-pihak yang berkonflik," kata Puan di Nusa Dua, Bali, Jumat (18/3).

Baca juga : Pimpin Sidang IPU Di Bali, Puan Pompa Semangat Peran Perempuan

Selain itu, isu penting lain yang diusulkan dibahas adalah mengenai percepatan mengakhiri pandemi Covid-19 lewat kesetaraan vaksin di seluruh negara.

Berikutnya, Puan juga menekankan pentingnya penguatan demokrasi dan penghormatan terhadap hak asasi manusia (HAM) yang dihadapkan pada berbagai tantangan selama pandemi.

"Selanjutnya bagaimana peran IPU dalam menutup kesenjangan laju proses pemulihan ekonomi antara negara maju dan negara berkembang, serta mengatasi masalah sosial akibat pandemi," papar Puan.

Baca juga : Amankan Produksi Kedelai, Kementan Lakukan Gerakan Pengendalian OPT

Mantan Menko PMK ini juga mengusulkan perlunya membahas tema partisipasi perempuan dan pemuda dalam proses pengambilan keputusan di lembaga-lembaga publik.

Puan menyebut, hal ini penting untuk memastikan generasi mendatang diisi orang-orang muda yang hebat, terlepas apapun gendernya.

“Majelis IPU harus menjadi wadah bagi pemuda dan kaum perempuan yang ingin membawa harmonisasi kehidupan di dunia,” tegas cucu Proklamator RI Bung Karno itu.

Baca juga : Puteri Anetta Akan Beberkan Tantangan Perempuan Indonesia

Dalam gelaran itu, Puan juga berjanji bakal menunjukkan, bahwa DPR RI berada di garda terdepan dalam memerangi pemanasan global.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.