Dewan Pers

Dark/Light Mode

Wajah Baru Sarinah 100 Persen Lokal, DPR Apresiasi Tangan Dingin Erick Thohir

Kamis, 31 Maret 2022 20:20 WIB
Anggota DPR Nasim Khan/Ist
Anggota DPR Nasim Khan/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi VI DPR Nasim Khan mengatakan, keberadaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) saat ini mulai tumbuh dan bergerak dalam mengembangkan berbagai produk lokal yang berkualitas dan kompetitif. Hal itu tidak lepas dari kinerja Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bawah komando Erick Thohir.

Dengan sentuhan tangan dingin Erick Thohir, PT Sarinah kini berwajah baru. Menjadi tempat 100 persen produk-produk lokal dalam negeri yang diproduksi oleh UMKM.

"UMKM dalam mengembangkan produk-produk lokal sudah mulai bergerak. Itu tampak perubahannya. Kita tetap pada fungsi pengawasan, sekaligus memberikan perhatian pada pengembangan UMKM," terang Nasim di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (31/3).

Anggota Fraksi PKB itu menekankan, hal tersebut sejalan dengan beroperasinya kembali pusat perbelanjaan tertua di Jakarta, PT Sarinah setelah dilakukan renovasi besar-besaran sejak Mei 2020. Pusat perbelanjaan Sarinah yang terletak di kawasan Jakarta Pusat itu dibuka kembali pada Senin 21 Maret 2022.

Berita Terkait : Megawati Bawa Kearifan Lokal Indonesia Di Forum Ekonomi-Iklim Turki

Sarinah, menurutnya, menjadi kebanggaan dan simbol nasionalisme mendukung produk-produk dalam negeri.

"Kita harapkan Sarinah sebagai etalase dari nasionalisme, produk-produk UMKM lokal dari berbagai daerah ada di situ. Paling tidak, mengakomodir UMKM lokal kita," ucap Nasim.

Menurut Nasim, perhatian pemerintah terhadap UMKM melalui Kementerian BUMN yang menjadi mitra Komisi VI DPR sangat besar. Dan itu dijalankan dengan baik secara berkelanjutan.

Nasim pun menyinggung keterlibatan Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan hingga perbankan.

Berita Terkait : Dapatkan Beras Premium, Kadin DKI Teken MoU Dengan PT Pemalang Agro

Untuk membantu pembiayaan UMKM, Kementerian BUMN berupaya mewujudkan agar program perbankan untuk sektor UMKM di Indonesia pada 2024 mencapai 30 persen. Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) misalnya, tercatat sudah mencapai 20 persen sejak awal tahun ini.

"Kami mencatat, sampai hari ini sudah tercapai hampir 20 persen. Itu capaian yang luar biasa. Ke depan, perlu kita maksimalkan lagi agar UMKM agar berkembang. Kinerja Bank Himbara kami perhatikan betul dalam membantu sektor UMKM," tutur legislator dari daerah pemilihan Jawa Timur III tersebut.

Menteri BUMN Erick Thohir sebelumnya menyatakan, pihaknya menyiapkan Sarinah untuk menaikkan kelas produk UMKM lokal agar bisa menyebar luas di pasar global. Yang otomatis akan berdampak juga pada penyerapan jutaan tenaga kerja.

"Seperti pesan Presiden Jokowi yang meminta kita mengutamakan produk dalam negeri. Sebab, produk dalam negeri yang semakin maju, akan membuka jutaan lapangan kerja baru," kata Erick.

Berita Terkait : Moeldoko Center Apresiasi Ketegasan Erick Thohir

Keberadaan UMKM, lanjutnya, diharapkan menjadi katalisator perekonomian nasional.

Erick yang juga Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) itu menegaskan, transformasi Sarinah bertujuan untuk memberikan dampak yang positif.

“UMKM kita yang sedemikian ragamnya harus kita sukseskan. Sehingga tujuan kita melakukan transformasi ada impaknya, bukan sekadar lip service,” ucapnya. [REN]