Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Puan Minta DK OJK Terpilih Lindungi Masyarakat Dari Investasi Ilegal

Jumat, 8 April 2022 11:03 WIB
Ketua DPR Puan Maharani. (Foto: Instagram)
Ketua DPR Puan Maharani. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPR, Puan Maharani mengingatkan, peran Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) terpilih. Mengingat, ke depan banyak tantangan yang akan mereka lewati.

Ia berharap DK OJK terpilih bisa lebih memperhatikan perlindungan konsumen, di tengah maraknya kasus-kasus investasi ilegal.

“OJK sebagai lembaga independen yang bertugas mengawasi seluruh kegiatan berkaitan dengan keuangan dapat semakin profesional,” kata Puan, Jumat (8/4).

Baca juga : Ramadan Momen Terbaik Tingkatkan Kualitas Umat

DK OJK periode 2022-2027 dipilih setelah menjalani uji kelayakan dan kepatutan alias fit and proper test yang digelar Komisi XI DPR. Hasil keputusan ini akan disahkan dalam Rapat Paripurna DPR pekan depan. Salah satu yang terpilih adalah Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar yang terpilih sebagai Ketua DK OJK. 

Puan berharap Mahendra dapat mewujudkan visi misinya terkait pelaksanaan pengawasan OJK, agar lebih terintegrasi dan lebih berkualitas dalam hal perlindungan konsumen serta masyarakat.

“Dan secara khusus saya mengapresiasi kinerja DK OJK sebelumnya di bawah kepemimpinan bapak Wimboh Santoso, yang sebentar lagi akan purna tugas,” sebut perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

Baca juga : Dirikan Sekolah Nelayan, PKS Ingin Masyarakat Pesisir Sejahtera

Lebih lanjut, Puan meminta kepada DK OJK terpilih untuk dapat terus menjaga stabilitas sektor jasa keuangan. Terutama, mengenai investasi ilegal yang sudah banyak memakan korban. 

“Masyarakat telah banyak yang dirugikan akibat investasi ilegal. Kami berharap OJK dapat lebih berperan melakukan pencegahan, termasuk dengan penguatan literasi keuangan kepada masyarakat Indonesia,” ungkap dia. 

Puan mengingatkan DK OJK bisa lebih menunjukkan taringnya dalam memerangi praktik-praktik investasi bodong. OJK harus mampu menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan secara maksimal.

Baca juga : Banyak Manfaatnya, PLN Ajak Masyarakat Gunakan Kompor Induksi

“Kami semua menantikan OJK dapat lebih tegas dalam menegakkan aturan sehingga berbagai upaya penyelewengan dalam sektor jasa keuangan dapat diminimalisir. Sepak terjang OJK yang baik akan menjaga sehatnya sistem jasa keuangan Indonesia,” tegas dia. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.