Dark/Light Mode

Fadel Muhammad: Empat Pilar MPR Pondasi Keutuhan Bangsa

Selasa, 19 April 2022 16:36 WIB
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad saat sosialisasi Empat Pilar MPR kepada Majelis Qasidah Burdah Ar Rayhan, di Gorontalo, Senin petang (18/4). (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad saat sosialisasi Empat Pilar MPR kepada Majelis Qasidah Burdah Ar Rayhan, di Gorontalo, Senin petang (18/4). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Kepada peserta sosialisasi, Fadel mengingatkan, dalam hidup ini harus bisa bermanfaat untuk orang banyak.

"Saya terus berusaha agar saya tetap bermanfaat, berbuat yang terbaik dan berguna bagi banyak orang," kata mantan Gubernur Gorontalo dua periode itu.

Fadel menceritakan selama dua periode menjabat Gubernur Gorontalo telah berupaya memajukan daerah. Upaya itu membuat pemerintah Gorontalo mendapatkan tiga penghargaan. Pertama, penghargaan ketahanan pangan abadi.

Baca juga : Ketum Partai Garuda Harap Demokrasi Bawa Kemajuan Bangsa

"Menjadi gubernur selama tiga tahun, saya mendapat penghargaan itu. Tahun berikutnya kembali mendapatkan penghargaan itu. Lalu, tahun ketiga, ada pesaing dari Jawa Timur (Gubernur Imam Utomo). Tapi pemerintah pusat memutuskan penghargaan diberikan kepada Gubernur Gorontalo. Saya mendapatkan tiga kali berturut-turut penghargaan ketahanan pangan abadi," tuturnya.

Kedua, Pemda Gorontalo juga mendapat penghargaan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sebagai penyelenggara keuangan pemerintahan daerah terbaik.

"Saya yang mempelopori pembentukan Badan Keuangan Daerah (BKD). Gorontalo adalah provinsi baru yang pertama kali membentuk BKD. Banyak pemerintah provinsi lain studi banding keuangan daerah ke Gorontalo," akunya.    

Baca juga : Muhammadiyah Apresiasi Ketangguhan Sektor Pertanian Indonesia

Ketiga, semasa menjadi Gubernur Gorontalo telah berhasil menurunkan angka kemiskinan. Dulu kemiskinan di Gorontalo sebesar 45 persen. Ketika ia selesai menjadi gubernur, angka kemiskinan tinggal 18 persen.

"Karena itu, ketika pemilihan gubernur untuk periode kedua, saya bisa menang dengan 82 persen suara. Dua kepala daerah yang mendapat 82 persen suara atau lebih, yaitu Gubernur Gorontalo dan Walikota Solo (Joko Widodo)," bangganya.

Sosialisasi Empat Pilar MPR ini dihadiri Hana Hasanah Shahab, dan tiga orang narasumber, yaitu Hasan Shahab (Staf Ahli Wakil Ketua MPR), Sriyani Hadju (aktivis perempuan Gorontalo), dan H. Niko Ismail (Wakil Ketua Forum Pondok Pesantren Provinsi Gorontalo). [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.